1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN

Pernah dengar sebelumnya moms?

Ada apa sih dengan 1000 hari pertama kehidupan ?

1000 HPK adalah masa sejak anak dalam kandungan sampai seorang anak berusia dua tahun. Fase ini disebut sebagai Periode Emas, saat lahir volume otak anak sekitar 50% dari volume orang dewasa dan 80% pada usia 2 tahun. Artinya pada masa ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan otak yang sangat pesat, tentunya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak memerlukan nutrisi yang cukup dan lingkungan yang ideal . Masa ini  juga rentan terhadap pengaruh kekurangan nutrisi (ibu hamil, bayi dan balita), infeksi (pada saat kehamilan maupun ketika bayi-balita) , kebiasaan ibu hamil yang buruk (rokok, narkoba), stress pada ibu hamil, penyakit ibu pada masa kehamilan (hipertensi, diabetes, jantung, asma dll), masalah dalam proses persalinan, kelahiran prematur serta kelainan bawaan.

Adapun faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang di 1000 HPK adalah :

  1. Nutrisi
  2. Cukup gizi selama dalam kandungan akan membuat janin tumbuh dan lahir sebagai bayi yang sehat kuat dan sempurna dalam tiap fase perkembangan dan pertumbuhannya, Bayi yang mendapat cukup gizi selama Periode Emas, termasuk Inisiasi Menyusu Dini (IMD) langsung setelah bayi dilahirkan.
  3. ASI Eksklusif sejak usia 0 – 6 bulan, imunisasi lengkap, dan gizi cukup dengan makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan, akan tumbuh menjadi Balita yang sehat, kuat dan cerdas
  4. 6-12 bulan ASI dan makanan pendamping ASI
  5. 12-24 bulan makanan yang bergizi dan seimbang.
  6. Lingkungan

Lingkungan tempat tinggal si kecil akan memengaruhi kecepatan dan kualitas tumbuh kembangnya, lingkungan yang memberikan pola asuh penuh kasih sayang, empati, rasa aman, teratur dan konsisten, tidak hanya itu tentunya lingkungan yang sehat bersih menjadi tempat yang tepat untuk anak mengeksplorasi sekitar lingkungannya.

  • Genetik

Faktor genetik merupakan modal dasar dan mempunyai peran utama dalam mencapai hasil akhir proses tumbuh kembang anak. Termasuk faktor genetik di antaranya jenis kelamin, ras (suku bangsa), dan faktor bawaan yang sifatnya patologik (penyakit tertentu). Potensi genetik yang baik, bila berinteraksi dengan lingkungan yang positif, akan membuahkan hasil perkembangan yang optimal.

Untuk mengetahui lebih jelasnya yuk konsultasikan keluhan Moms ke bidan kami klik disini.

Sumber : Soetjiningsih dkk. (2013). Tumbuh Kembang Anak, Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. hal. 8-11, 61-65

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?