Banyak yang binggung dan bertanya kenapa ya KB suntik bisa menyebabkan ga bisa haid selama 3 bulan ?

Beberapa orang enggan memahami apa yang sebenarnya di suntikkan ke tubuh ketika menjalani KB Suntik. Berikut ini Bidan Taqwi akan menjelaskan tentang apa yang menyebabkan tidak haid selama 3 bulan setelah melakukan KB Suntik.

Kb suntik 3 bulan berisi hormon progesterone saja. Sebelum membahas lebih jauh, saya jelaskan secara singkat mengenai hormon progesteron. Hormon progesteron adalah suatu jenis hormon yang diproduksi oleh ovarium (indung telur). Bersama dengan hormon estrogen, jenis hormon ini juga dikenal sebagai hormon seks wanita. 

Fungsi progesteron paling banyak dihasilkan oleh kelenjar adrenal dan korpus luteum di ovarium. Korpus luteum adalah kelenjar endokrin sementara yang terbentuk dari folikel ovarium yang kosong setelah proses ovulasi (pembuahan). 

BACA JUGA :

Nah, ketika melakukan suktik KB yang berisi hormon progesteron, maka peningkatan progesteron mampu menghentikan keluarnya sel telur, menipiskan permukaan dinding rahim, & mengentalkan lendir serviks.

Jika ketiga kondisi tersebut terjadi maka tidak ada yang bisa diluruhkan menjadi darah menstruasi. Karena penyebab umumnya menstruasi terjadi karena adanya peluruhan dinding rahim & sel telur yang habis masa waktunya karena tidak dibuahi.

Apabila setelah melakukan KB suntik kemudian Anda selama 3 bulan Anda tidak mengalami haid sama sekali atau hanya keluar flek-flek, tidak perlu panik karena itu memang efek dari KB suntik. Jangan hawatir karena kesuburan akan kembali & bisa kembali menstruasi setelah berhenti menggunakan kontrasepsi minimal 6 bulan bahkan hingga setahun.

Apabila Anda ingin tahu tentang memilih jenis KB atau kontrasepsi yang tepat, ayo ikutilah acara kami. Selain menadapatkan pengetahuan tentang kontrasepsi, Anda juga dapat sekalian melakukan donasi kepada Yayasan Anak Kanker.

kontrasepsi
Kulwap Kontrasepsi
error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?