6 Syarat Yang Perlu Diperhatikan, Sebelum Membeli Mainan Untuk Anak.

Luangkan waktu untuk menemani anak atau saudara anda yang masih anak – anak untuk bermain.

Haiwanita, Taukah anda jika bermain bukan hanya sebagai hiburan bagi anak – anak, namun juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi mereka ? Manfaat yang dapat diperoleh dari bermain antara lain merangsang pertumbuhan, melatih diri menjadi mandiri, mengasah kreatifitas, membangun rasa percaya diri, dan memunculkan rasa tanggung jawab. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk menemani anak atau saudara anda yang masih anak – anak untuk bermain.  Anak – anak yang harus ditemani dan diawasi adalah yang masih berusia dibawah 12 tahun.

Permainan yang dapat memberikan manfaat bagi anak – anak adalah permainan yang sesuai dengan usia mereka dan memiliki 6 Syarat berikut ini.

1. Aman

Mainan yang dipilih hendaknya aman terlebih jika akan digunakan oleh anak yang berumur dibawah 12 tahun. Aman yang dimaksudkan yaitu :

  • Memiliki ukuran yang tidak terlalu kecil sehingga tidak bisa ditelan oleh anak – anak, catnya tidak beracun. Hal ini dikarenakan anak – anak suka memasukkan benda kedalam mulutnya.
  • Tidak ada bagian yang tajam atau tidak mudah pecah ketika dibanting karena anak – anak suka membanting – bantingkan benda yang sedang dia pegang.

2. Berat Sesuai dengan usia dibawah 12 tahun

Memiliki berat yang sesuai dengan usia dibawah 12 tahun sehingga saat dimainkan menimbulkan rasa yang nyaman pada anak.

3. Bentuk

Memiliki bentuk yang mudah dipegang dan memiliki warna yang menarik bagi anak – anak. Sehingga saat menggunakan permainan tersebut anak – anak merasa senang.

4. Fungsi

Permainan memiliki fungsi tertentu, misal permainan lego berfungsi untuk membantu kreatifitas anak. Sebelum membeli permainan pastikan memiliki fungsi yang baik sehingga tidak sia – sia membelinya.

5. Variasi

Dapat dimainkan secara bervariasi misalnya ditumpuk atau disusun sehingga dapat menumbuhkan kreatifitas pada anak dan disarankan masih mudah dimainkan.

6. Awet

Pilihlah permainan yang awet, tidak mudah rusak ketika dibanting atau dijatuhkan. Selain lebih hemat, permainan yang awet juga lebih aman digunakan oleh anak – anak berusia dibawah 12 tahun.

6 Syarat yang perlu diperhatikan sebelum membeli permainan diatas adalah saran supaya anak – anak anda selain senang bermain bisa mendapatkan manfaat dari permainan.

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?