7 Langkah Penting Mencegah Kematian Mendadak Pada Bayi.

Kematian mendadak pada bayi adalah hal yang bisa dicegah, sebelumnya telah dibahas Penyebab Kematian Mendadak pada Bayi. Haiwanita telah merangkum beberapa cara mencegah kematian mendadak pada Bayi. Berikut adalah langkah aman mencegah kematian mendadak pada Bayi.

1. Lebih memperhatikan aktifitas bayi terutama jika bayi mulai belajar tengkurap

Bayi yang baru bisa belajar tengkurap akan susah untuk kembali ke posisi terlentang, dikhawatirkan kepala bayi tidak tegak sehingga wajah bayi tertutup kasur dan dapat mengganggu saluran nafas bayi.

2. Selalu mengecek popok bayi untuk menghindari kebocoran popok

Popok yang dibibarkan basah dalam waktu yang lama bisa membuat bayi kedinginan, penting untuk selalu menjaga kehangatan bayi untuk menghindari hipotermia pada bayi.

BACA JUGA :

3. Mengurangi jumlah boneka atau mainan pada tempat tidur bayi

Boneka yang ada di tempat tidur bayi memungkinkan dapat menutupi wajah bayi sehingga bayi kesulitan dalam bernafas

4. Gunakan kasur yang tidak terlalu empuk

Terdapat beberapa produk kasur yang terlalu empuk dimana jika bayi tidur diatasnya, bayi seolah tenggelam didlam kasur. Gunakan kasur yang sedikit keras namun tetap lembut.

5. Menjauhkan bayi dari paparan asap rokok

Asap rokok dapat menyebabkan gangguan pernafasan, jika anggota keluarga ada yang merokok, usahakan jauh dari bayi dan jika ingin menggendong bayi harus membersihkan diri dan mengganti baju karena asap rokok dapat meninggalkan residu dan dapat tetap tinggal dibaju yang terpapar asap rokok

6. Menyendawakan bayi tiap kali menyusu

Menyendawakan bayi merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk menghindari refluks air susu yang beresiko masuk saluran nafas (gumoh).

7. Menidurkan bayinya dalam posisi terlentang atau miring (terutama kekanan).

SIDS telah menurun secara berarti (hampir jmendekati 50%) sejak para orang tua dianjurkan untuk menidurkan bayinya dalam posisi terlentang atau miring ke kanan.

Lakukan cara diatas supaya Bayi Anda selalu sehat bugar dan ceria, apabila mengalami beberapa kendala saat mengasuh bayi anda. Bisa melakukan konsultasi kepada bidan kami melalui forum chat yang tersedia atau melalui link ini. Penyebab kematian mendadak pada bayi, klik disini

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?