Bagaimana Cara Mengatasi Gejala PMS?

Diperkirakan sekitar 30-40% wanita mengalami sindrom pra-menstruasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan PMS. Gejala PMS sering dimulai 1-2 minggu sebelum menstruasi tiba (selama fase luteal) dan akan berkahir bersamaan dengan menstruasi selesai. PMS lebih umum dilamai pada wanita di usia 30-40 an.

Gejala PMS meliputi: Perut kembung atau mengalami kram perut, kecemasan, mood rendah, terjadi perubahan suasana hati, nyeri payudara, sakit kepala, sulit tidur.

Untuk mengurangi keparahan gejala PMS, Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup yang sesuai dan sehat. Berikut Haiwanita memberikan tips yang dapat membantu:

1.Exercise

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang aktif berolahraga secara teratur dapat mengurangi keparahan gejala PMS. Latihan ringan seperti peregangan otot, yoga, senam, jogging sangat mudah sekali Anda lakukan di rumah.

2. Kurangi minuman kafein

Konsumsi kafein ketika dalam masa menstruasi justru menyebabkan nyeri payudara dan perasaan cemas.

3. Penuhi kebutuhan vitamin B

Vitamin B dalam metabolisme tubuh dibutuhkan untuk mendetoksifikasi dan ekskresi estrogen. Vitamin B dapat dengan mudah Anda temukan dalam bayam, gandum, dan pisang.

4. Magnesium

Wanita yang menderita gejala PMS lebih parah umumnya memiliki asupan magnesium hingga 77% kurang. Pengurangan magnesium menyebabkan penurunan dopamin (hormon perubahan mood), yang berkontribusi pada gejala emosional PMS. Memenuhi kebutuhan magnesium dapat dengan mudah Anda temukan dalam almond, kacang merah, avocado, dan kismis.

5. Kalsium

Kalsium yang terpenuhi dalam tubuh dapat membantu mengurangi gejala kram, sakit punggung, sakit kepala, nyeri payudara, dan perasaan gugup. Makanan yang mengandung kalsium antara lain jeruk, brokoli, dan aprikot dapat membantu Anda mengurangi gejala PMS.

PMS sangat lah umum terjadi dan mempengaruhi perubahan suasana hati serta kualitas hidup Anda. Diperkirakan setelah kehamilan, tubuh wanita mengalami kekurangan nutrisi sehingga mereka lebih rentan terhadap terjadinya PMS. Jika Anda khawatir tentang potensi PMS, beberapa tips ini mungkin bisa membantu dan segera bicarakan dengan dokter/ bidan untuk memberi dukungan dan cara mengurangi keparahan PMS yang Anda derita.

Baca juga:

Sumber:

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.