Bagaimana Cara Mengontrol ‘ngidam’ Makanan Manis?

Ketika kita terbiasa makan/ minum yang terasa manis, sering kali kita tidak bisa atau kurang suka makanan/minuman yang hambar. Tanpa tersadar mengakibatkan kita menjadi mendambakan asupan gula setiap harinya.

Hipokampus adalah bagian dari otak yang bertanggung jawab atas ingatan dan menentukan pembentukan kebiasaan. Saat seseorang makan asupan gula, tingkat dopamin menjadi meningkat menciptakan sensasi nikmat sehingga otak mempelajari dan membentuk ingatan tersebut.

Seseorang yang melakukan diet rendah protein dan tinggi karbohidrat pun menyebabkan kerinduan akan gula. Jika seseorang tidak mengonsumsi cukup protein atau terlalu sedikit karbohidrat, maka kadar gula darah dapat melonjak dan turun pada tingkat yang tidak normal, yang menyebabkan ‘ngidam’ gula-asupan manis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan pemanis buatan secara terus menerus meskipun bertuliskan ‘zero calori’ tetap akan berkontribusi pada kerinduan akan gula-rasa manis yang pada gilirannya merangsang nafsu makan kita.

Jadi yang harus dilakukan untuk menekan nafsu makan/ minum yang manis adalah dengan

1. Jangan membuat diri Anda kelaparan

Makan makanan seimbang yang sehat saat lapar adalah cara terbaik untuk mencegah ngidam di kemudian hari. Makanan kaya protein (ikan, telur, kacang-kacangan) adalah upaya terbaik untuk menekan keinginan makan/minum manis sekalipun di malam hari.

2. Gunakan buah-buahan untuk memuaskan ‘ngidam’ gula

Kurma rata-rata mengandung 4.5gr gula alami, tinggi polifenol (antioksidan), tinggi serat, dan sumber kalium yang baik. Sehingga ketika rasa lapar itu tiba Anda bisa menunda makan asupan porsi besar dengan memakan buah kurma terlebih dahulu.

3. Alihkan perhatian Anda dan lakukan aktivitas

Beberapa orang menemukan bahwa melakukan aktivitas seperti jalan-jalan, berbicara dengan teman dapat turut membantu mengurangi ngidam manis atau mengalihkan perhatian dari nya.

4 Luangkan waktu untuk tidur nyenyak dan berkualitas

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan ingin makan/minum manis.

Dibutuhkan waktu rata-rata 2-6 minggu untuk membentuk kebiasaan baru. Jika Anda sedang melakukan program diet, gantilah karbohidrat olahan (nasi, roti, tepung, mie) dengan karbohidrat rendah kalori seperti ubi-ubian. Lakukan secara konsisten dan tanpa tekanan. Jangan sampai Anda benar-benar menghilangkan karbohidrat dalam daftar menu makanan harian.

Baca juga:

Sumber:

  • Anna Richard, Adrian Meule, Julia Reichenberger, & Jens Blechert. 2017. Food Cravings in Everyday Life: En EMA Study on Snack-Related Thoughts, Cravings, and Consumption. Appetite Journal 113: 215—223.
  • How to Break the Sugar Habit and Help your Health in the Process. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-break-the-sugar-habit-and-help-your-health-in-the-process, diakses 27 Desember 2020.
  • Chia Lun Yang, Jerry Schnapp & Robin M. Tucker. 2019. Increased Hunger, Food Cravings, Food Reward, and Portion Size Selection after Sleep Curtailment in Women Without Obesity. Nutrients 11(663): 1—12.

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.