Berapa Lama Waktu Sembuh Dari Operasi Sesar ?

Diperlukan waktu sekitar 4-6 minggu untuk sembuh dari operasi sesar. Pengembalian fungsi tubuh dan metabolisme akan berangsur-angsur kembali ke normal bersamaan dengan selesainya masa nifas.

Kekhawatiran yang sering dialami ibu pasca operasi sesar adalah takut melakukan banyak gerakan. Mulai dari takut jahitan operasi lepas, takut BAK/BAB, takut timbul nyeri, dan dampak lainnya. Menurut Jurnal Kebidanan (2019), Mobilisasi dini merupakan salah satu faktor yang mendukung proses penyembuhan luka. Mobilisasi dini merupakan proses aktivitas yang dilakukan setelah operasi, dimulai dari latihan ringan diatas tempat tidur sampai dengan bisa turun dari tempat tidur, berjalan ke kamar mandi dan berjalan ke luar kamar. Kurangnya mobilisasi pasca operasi justru dapat menghambat proses penyembuhan luka, potensi terjadinya trombosis dan tromboemboli, infeksi, dan sebagainya. Setelah operasi sesar efek anestesi akan hilang dan ibu akan mengalami nyeri pada luka insisi bagian perut selama beberapa hari pertama.

Untuk mendukung penyembuhan luka mobilisasi dini harus segera dilakukan sesuai kondisi ibu. Berdasarkan Guidelines American Journal of Obstetrics & Gynecolocy (2019), manfaat mobilisasi dini post sesar dapat meningkatkan fungsi paru-paru, mencegah potensi terjadinya trombosis dan tromboemboli, mempercepat pengeluaran ASI, meningkatkan dan membantu fungsi saluran pencernaan, mempercepat involusi uterus, melancarkan pengeluaran lokhea/ darah nifas, mencegah infeksi, dan mempersingkat lama rawat inap.

BACA JUGA :

Masa rawat di rumah sakit setelah melahirkan sesar biasanya 2-4 hari. Untuk sembuh dari luka operasi diperlukan waktu 4-6 minggu. Mobilisasi dini post operasi sesar harus dilakukan secara bertahap. Berikut tahapan mobilisasi dini berdasarkan Society of Obstetric Anesthesia and Perinatology (2019) yang perlu ibu ketahui adalah sebagai berikut:

  • pada 6 jam pertama setelah operasi, ibu harus tirah baring dan hanya bisa menggerakkan lengan, tangan, menggerakkan ujung jari kaki dan memutar pergelangan kaki, mengangkat tumit, menegangkan otot betis serta menekuk dan menggeser kaki.
  • setelah 6-10 jam ibu diharuskan miring kiri dan kanan untuk mencegah thrombosis dan thromboemboli.
  • setelah 24-48 jam melahirkan pada ibu post sesar diperbolehkan bangun dari tempat tidur. Dianjurkan untuk ibu memulai gerakan dengan miring kiri/kanan, duduk kemudian berjalan.
  • setelah keluar dari rawat inap, ibu selanjutnya melakukan perawatan luka di rumah dan menghindari mengangkat beban apa pun yang lebih berat dari bayi. Berjalan selama 15 menit setiap hari turut membantu proses penyembuhan luka sesar.
  • Ibu akan diminta untuk melakukan kontrol luka post sesar hari ke-7 dan hari ke-14 di rumah sakit untuk menentukan derajat penyembuhan luka sesar. Pada minggu tersebut ibu perlu menghindari aktivitas memasak dan bersih-bersih rumah, jangan berjalan naik turun tangga, hindari peregangan seperti membungkuk, dan sebaiknya ibu habiskan beberapa menit untuk belajar berjalan perlahan.
  • pada minggu 4-6, habiskan beberapa menit berjalan tetapi jangan mencoba untuk berjalan cepat. Ibu pun dapat melakukan aktivitas menyetrika dan memasak kecuali memasak makanan dalam waktu lama. Minta bantuan keluarga untuk memasak dan membersihkan rumah.
  • pada minggu 7-12, ibu sudah diperbolehkan melakukan aktivitas harian rumah. Ibu dianjurkan melakukan peregangan tubuh yang mudah dan perlahan berjalan naik turun tangga.

Proses penyembuhan luka masing-masing individu bervariasi, namun mobilisasi dini harus tetap dilakukan pasca operasi sesar mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh. Tanpa mengabaikan faktor pendukung lainnya seperti nutrisi, penggunaan obat, dan sebagainya. Ibu dengan riwayat lahir sesar dianjurkan untuk menunda kehamilan berikutnya minimal 2 tahun setelahnya sehingga penggunaan kontrasepsi sangat dianjurkan. Silahkan ibu dan suami berdiskusi dengan bidan untuk menentukan kontrasepsi yang tepat untuk anda.

Sumber :

  • Irmayanti. 2019. Mobilisasi Dini dalam Proses Penyembuhan Luka Sectio Caesarea pada Ibu Post Partum di Rs Dewi Sartika. Jurnal Kebidanan 6(1): 16—19.
  • George A. Macones, Aaron B. Caughey, Stephen L. Wood, et al. 2019. Guidelines for Postoperative Care in Cesarean Delivery: Enhanced Recovery After Surgery (ERAS) Society Recommendations (part 3). American Journal of Obstetrics & Gynecology 221: 247.e1-9.
  • Laurent Bollag, M. Tiouririne, Grace Lim, et al. 2019. Enhanced Recovery After Cesarean (ERAC) Consensus Statement. Society of Obstetric Anesthesia and Perinatology (SOAP): 1—23.
error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?