Berhubungan Seksual ketika menstruasi ?

Bagi pasangan yang sudah berumah tangga, berhubungan seksual menjadi salah satu kebutuhan dasar. Tahukah Anda jika Aktivitas seksual mampu mengurangi stress dan meningkatkan keharmonisan suami istri. ?

Ada banyak rumor yang mengatakan bahwa saat menstruasi, tidak boleh melakukan hubungan seksual. Benarkah Rumor ini ? Nah, yuk simak tinjauan dari aspek kesehatan aktivitas seksual selama menstruasi adalah  :

  1. Aktivitas seksual selama menstruasi tanpa menggunakan pengaman (kondom) dapat meningkatkan risiko penularan HIV
  2. Peningkatan kejadian infeksi menular seksual pada orang yang menstruasi lebih tinggi, disebabkan hilangnya lendir serviks sebagai pelindung mukosa, kandungan Fe pada darah menstruasi, perubahan PH alkaline yang meningkat, dan kondisi serviks yang lunak. Dipengaruhi dengan kadar estrogen dan progesterone yang tinggi.
  3. Berisiko terjadi infeksi clamidia dan gonorea sebagai penyebab Pelvic inflammatory Diseases dan infeksi tuba fallopi. Jika dibiarkan maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ reproduksi.
  4. Kandungan prostaglandin pada sperma menyebabkan Rahim berkontraksi sehingga pengeluaran darah dari Rahim lebih banyak dan cepat, hal tersebut mempengaruhi lama menstruasi.Selain itu, kondisi ini mengakibatkan aliran pada vena di dalam Rahim penuh dan mudah pecah.
  5. Peluang terjadi kehamilan memang sangat kecil, dengan wanita yang memiliki siklus pendek 21-24 hari peluang besar terjadi kehamilan sangat tinggi karena usia sperma yang masih bias bertahan hinga 72 jam.
  6. Aktivitas seksual meningkatkan terjadinya endometriosis, endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim (endometrium) tumbuh dan menumpuk di luar Rahim. Tentunya endometriosis menyebabkan kesakitan pada penderita dan menjadi masalah yang serius.
  7. Aktivitas seksual dapat mempengaruhi psikis secara negative, dikarenakan kondisi yang tidak mendukung untuk dilakukannya hubungan seksual yang nyaman dan aman, dipengaruhi factor psikis perempuan yang mengalami disminorhea, nyeri badan,pusing, atau tidak mood untuk bercumbu.

Nah, ternyata memang perlu dipertimbangkan lagi ya jika ingin melakukan aktivitas seksual ketika menstruasi. Meluapkan hasrat seksual tidak harus dengan cara melakukan hubungan seksual ya.

Sumber :

Elias E.,George,. 2019.Department of Internal Medicine, Naval Hospital of Crete, Chania, Greece; Department of Theology, National and Kapodistrian University of Athens, Athens, Greece;Department of Internal Medicine, Naval Hospital of Crete, Chania, Greece; Department of Theology, National and Kapodistrian University of Athens, Athens, Greece; Departement of internal Medicine,Naval Hospital of Crete, Chania, Greece; Department of Theology, National and Kapodistrian University of Athens, Athens, Greece;Department of Internal Medicine, Naval Hospital of Crete, Chania, Greece; Department of Theology, National and Kapodistrian University of Athens, Athens, Greece;

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?