Cara Mengurangi Mual Saat Minum Suplemen Zat Besi

Suplemen zat besi merupakan obat tambahan yang diproduksi dari luar tubuh untuk membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh. Suplemen zat besi sangat dibutuhkan untuk ibu hamil dan pasien penderita penyakit tertentu sebagai terapi.

Anemia merupakan masalah utama yang dihadapi oleh ibu hamil karena kebutuhan zat besi menjadi dua kali lipat selama kehamilan. WHO (World Health Organization) merekomendasikan pemberian suplemen zat besi dengan kandungan 30—60 mg perhari untuk menghindari sejumlah masalah kehamilan, seperti anemia, masalah saat persalinan dan masa nifas, berat lahir bayi rendah, hingga kelahiran prematur. Di Indonesia memiliki program pemberian wajib suplemen zat besi sebanyak 90 tablet atau lebih selama kehamilan agar terhindar dari sejumlah masalah tersebut.

BACA JUGA :

Namun beberapa  ibu cenderung untuk mengabaikan minum suplemen zat besi karena ada beberapa efek yang diikuti setelah mengonsumsinya seperti mual, muntah, pusing, dan konstipasi (sembelit BAB). Efek samping tersebut sebenarnya normal terjadi dan akan berkurang setelah 3-5 hari. Oleh karena itu haiwanita.com akan memberikan tips cara mengurangi efek samping saat minum suplemen zat besi, yaitu :

  1. Minum tablet zat besi 1 jam sebelum makan. Untuk menghindari memuntahkan makanan jika dikonsumsi setelahnya. Dapat juga dikonsumsi menjelang tidur disaat tubuh relaks.
  2. Direkomendasikan meminum tablet zat besi bersamaan dengan jus jeruk atau minuman dengan kandungan vitamin C untuk mempercepat proses penyerapan zat besi dalam tubuh.
  3. Hindari meminum tablet zat besi bersamaan dengan kopi, teh, susu, minuman cokelat, soda yang justru dapat menghambat penyerapan zat besi.
  4. Tetap penuhi kebutuhan zat besi dari sumber makanan lain, seperti biji-bijian, daging merah, hati, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.
  5. Rutin konsumsi serat setiap hari untuk mengindari konstipasi. Makanan kaya serat bisa didapatkan di sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan (alpukat, apel, pisang,dll.)
  6. Jika ibu tidak kuat mengonsumsi tablet zat besi karena efek samping seperti mual, muntah, dan konstipasi yang berlanjut. Segera periksakan ke dokter/ bidan agar diberi terapi zat besi dengan metode lain.

Untuk melihat keberhasilan dari penambahan suplemen zat besi dibutuhkan waktu 2—4 minggu dengan aturan minum rutin. Meskipun kadar Hemoglobin darah sudah normal, dokter/ bidan akan tetap memberikan suplemen zat besi sebagai langkah agar tubuh ibu tetap memiliki cadangan zat besi selama hamil hingga nifas.

Sumber:

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?