Inilah Sebabnya Membeli Kantong Darah Mahal.

Banyak yang menanyakan kenapa donor darah gratis tapi membeli kantong darah mahal ? Sebenarnya apa yang menyebabkan membeli kantong darah mengharuskan seseorang mengeluarkan uang ?.

Donor darah banyak diselenggarakan diberbagai event atau dibuka setiap hari oleh kantor PMI (Palang Merah Indonesia). Pendonornya tidak akan dipungut biaya. Hal tersebut dilakukan agar stok kantong darah tetap terjaga dan terdistribusikan ke orang yang membutuhkan. Namun pembelian kantong darah tidak hanya bertempat di PMI saja, banyak dari unit rumah sakit memiliki stok persediaan darah sendiri. Kali ini haiwanita.com akan mengulas penyebebab beli kantong darah mahal:

1. Satu kantong darah berkisar harga 350—380 ribu.

Sebelum kantong darah diterima pasien yang membutuhkan, akan ada serangkaian tes wajib untuk memastikan darah yang ada di kantong terbebas dari penyakit berbahaya. Harga menjadi mahal saat membeli karena biaya tes tidaklah murah disertai operasional pengelolaan dan penyimpanan darah itu sendiri. Biaya operasional sebagian sudah ditanggung pemerintah dan subsidi PMI, sisanya dibebankan ke pasien. Biaya yang dibebankan ke pasien disebut Biaya Penggantian Pengelolaan Darah (BPPD) atau service cost.

BACA JUGA :

2. Transfusi darah dapat ditanggungkan ke BPJS.

Jika anda memiliki BPJS atau jaminan asuransi lain dapat meminta klaim bebas tanggungan atau diberi subsidi untuk melakukan transfusi darah. Tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan medis dan kondisi kegawat daruratannya. Pelayanan darah yang dapat diklaim BPJS yaitu:

  • Tarif darah disesuaikan dengan tarif masing-masing daerah, maksimal 360 ribu per kantong.
  • Biaya pelayanan darah terdiri dari jasa, sarana, dan darah per kantong. Biaya jasa dan bahan, alat medis habis pakai termasuk transfusi set dalam layanan sudah termasuk paket rawat inap di Puskesmas atau Klinik.
  • Klaim dapat diajukan kepada Kantor Cabang/ Kantor Operasional Kabupaten/Kota BPJS Kesehatan secara kolektif setiap bulan oleh PMI atau UTD setempat dengan kelengkapan administrasi umum. Oleh karena itu setiap pasien yang ingin meminta klaim transfusi darah diharap melampirkan persyaratan lengkap.

Nah, itulah yang menyebabkan ketika seseorang membutuhkan darah diharuskan membayarkan sejumlah uang. Sudah paham kan ? Jadi oleh karena itu selalu berhati – hati dan jaga pola hidup sehat supaya selalu memiliki tubuh yang sehat.

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.