Istilah – isitilah dalam COVID – 19

Tiga bulan terakhir ini, di Indonesia sudah ramai membicarakan tentang corona atau yang disebut dengan covid-19. Banyak sekali istilah – istilah baru terkait penyakit yang disebabkan oleh virus covid-19. Dilansir dari CNN Indonesia Virus ini dinyatakan sebagai bencana nasional, oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada Senin, 14 April 2020. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Covid-19 Sebagai Bencana Nasional. Bahkan WHO juga menyatakan covid-19 sebagai pandemi.

Adanya virus covid-19 atau corona tentunya membuat seluruh masyarakat di Indonesia maupun di dunia lebih berhati – hati dan sering mencari informasi terkait virus covid-19. Berikut adalah 9 istilah yang perlu Anda pahami supaya tidak terlanjur panik ketika mendengarnya. :

1.ODR (Orang Dalam Resiko)

Orang Dalam Resiko adalah orang yang sehat, namun baru saja berkunjung ke daerah terjangkit corona. Orang dengan status ODR harus melakukan isolasi atau karantina selama 14 hari .

2. ODP (Orang Dalam Pantauan)

Orang Dalam Pantauan adalah seseorang yang tidak memiliki kontak erat dengan orang yang positif corona, namun mengalami salah satu dari gejala corona. Misal mengalmi demam diatas 38 derajad selsius, mengalami batuk, atau diare. ODP tidak diharuskan ke rumah sakit, melainkan harus menjalani isolasi mandiri di rumah. ODP harus ke rumah sakit apabila penyakitnya tidak kunjung sembuh dan semakin parah.

3. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)

PDP adalah seseorang yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit corona, dan mengalami sakit sesuai dengan ciri – ciri corona. Seperti : demam, batuk, pilek, sesak nafas. PDP ini harus di rawat di rumah sakit secara intensif dan berada di tempat khusus penderita corona. Orang dengan status PDP akan menjalani tes untuk memastikan apakah mengidap corona atau penyakit lainnya.PDP akan dikreteriakan sesuai yang dialaminya

4. Suspect

Seseorang yang memiliki gejala corona dan sedang menunggu hasil tes swab.

BACA JUGA :

5. Positif

Seseorang yang sudah menjalani tes corona baik rapid test ataupun swab dan dinyatakan positif oleh hasil tes tersebut.

6. Lockdown

Pembatasan pergerakan penduduk dalam suatu wilayah, guna untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. Termasuk menutup akses keluar dan masuk wilayah tersebut.

7. Sosical Distancing

Pembatasan sosial dengan menjaga jarak ketika bertemu dengan orang lain di luar rumah dengan minimal jarak 1 meter, menjauhi keramaian, dan menghindari tempat – tempat umum.

8. Imported Case

Virus corona yang menginfeksi seseorang baru datang dari luar negeri tanpa terikat dari kluster apapun

9. Local Transmission

Penyebaran virus corona di dalam negara Indonesia di suatu daerah yang orang tersebut tidak pernah ke luar negeri

9 Istilah tersebut saat ini sangat sering kita dengarkan dan sering disebut – sebut ketika adanya pemeberitaan terkait covid 19 atau corona. Nah saat ini sudah paham kan arti dari istilah – istilah tersebut. Corona adalah penyakit yang belum ada obatnya dan vaksinnya, kita hanya bisa mencegahnya dengan hidup bersih rajin cuci tangan, rajin membersihkan lingkungan dan dengan tetap dirumah aja ketika tidak ada keperluan mendesak.

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.