Hai wanita, tahukah Anda jika tubuh kita minimal perlu 2 liter air setiap harinya ? Penggunaan botol air minum mempermudah kita untuk tetap memenuhi hidrasi tubuh selama beraktivitas di dalam maupun luar ruangan. Namun terkadang kita tidak sadar telah menaruh botol minum di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Secara kasat mata memang tidak terjadi perubahan warna ataupun rasa air yang ada di dalam botol, namun apabila meminum air tersebut ternyata dapat memberikan dampak buruk dari segi kesehatan. Berikut adalah fakta yang akan di ulas oleh haiwanita.com tentang botol air minum yang perlu Anda perhatikan.

1. Air minum kemasan botol yang biasa dijual bebas terbuat dari plastik tipe 1.

Anda pasti pernah menemukan bahkan membeli air mineral dalam kemasan botol dalam ukuran 600 mL atau 1,5 Liter. Kemasan botol tersebut terbuat dari bahan plastik tipe 1 yaitu polyethylene terephthalate (PET). Merupakan jenis plastik untuk berbagai peralatan atau wadah yang biasa kita temui sehari-hari. Botol plastik tipe 1 tidak mengandung bakteri atau kandungan berbahaya jika digunakan pada suhu normal. Apabila botol tersebut ditaruh ditempat yang terpapar sinar matahari langsung mengakibatkan proses degradasi/ pelepasan bahan kimia PET yang kemungkinan memberikan efek karsinogen/ pemicu kanker dalam tubuh manusia.

2. Jangan anggap remeh walau botol tidak terpapar sinar matahari di dalam ruangan.

Mungkin anda tidak meletakkan botol air minum di luar ruangan, namun meletakkan botol plastik di ruangan yang terbias cahaya dari kaca/ jendela, juga akan mempengaruhi terjadinya proses degradasi yang sama seperti terpapar sinar matahari langsung. Efek pelepasan kandungan berbahaya pada botol plastik mulai terdeteksi dari suhu ruang 35 keatas. Hati-hati juga untuk tidak meninggalkan botol minum di mobil yang tertutup dan keadaan mesin/ pendingin mati. Suhu dalam mobil yang mati mengakibatkan suhu ruang mobil menjadi panas. Dalam penelitian disebutkan bahwa dalam 17 jam botol PET yang terpapar sinar matahari langsung sudah terdapat pelepasan kandungan kimia walaupun dalam jumlah kecil.

3. Botol yang terpapar sinar matahari juga meningkatkan suhu air di dalamnya.

Botol plastik yang terpapar sinar matahari langsung mengalami perubahan kualitas air yang terkandung. Menurut penelitian bahwa terdapat penurunan tingkat pH, klorida, dan fluorida serta terjadi peningkatan kadar ammonia, nitrat, sulfat, chemical oxygen demand (COD), dan beberapa konsentrasi ion lainnya, dimana jika kadar menjadi tidak seimbang memberikan efek keracunan jika dikonsumsi.

4. Botol tipe 1 hanya dapat digunakan untuk sekali pakai saja.

Tutup segel botol air minum yang telah dibuka mengakibatkan bakteri menjadi mudah masuk dan mencemari air di dalamnya. Botol plastik tipe 1 yang digunakan untuk isi ulang air lebih dari sekali meningkatkan jumlah bakteri yang ada dan tidak menjamin aman kualitas air didalamnya karena semakin lama botol digunakan maka semakin banyak jumlah kandungan kimia yang dilepaskan dari botol PET.

5. Gunakan botol plastik tipe 5.

Jenis plastik yang dapat digunakan berulang kali dan aman untuk wadah minuman atau makanan terbuat dari bahan polypropylene dikenal dengan istilah plastik tipe 5. Merupakan jenis plastik yang kuat, tahan panas, dapat digunakan dalam microwave, dengan harga lebih mahal dibanding wadah plastik tipe 1. Botol air tipe 5 dapat digunakan kembali tetapi harus dilakukan pencucian dengan air sabun untuk memastikan terbunuhnya kuman. Jika botol mulai rusak dan terlihat serpihan pelapis mulai lepas segera ganti botol lama dengan yang baru.

BACA JUGA :

Gambar Kode Jenis Plastik (UNEP, 2009)

Untuk mengetahui tipe plastik yang digunakan dalam sebuah wadah atau botol adalah dengan melihat bagian bawah produk secara langsung. Umumnya angka tercantum dalam gambar segitiga dengan angka 1—7 untuk menunjukan tipe plastik. Jangan sembarangan membeli produk yang tidak memiliki label tipe plastik.

Sumber :

  • Sulaiman G. Muhamad, Lawen S. Esmail & Shelear H. Hasan. 2011. Effect of storage temperature and sunlight exposure on the physicochemical properties of bottled water in Kurdistan region-Iraq. Journal Appl. Sci. Environ. Manage. 15(1): 147—154.
  • Ram Proshad, Tapos Kormoker, Md. Saiful Islam, Mohammad Asadul Haque, Md. Mahfuzur Rahman & Md. Mahabubur Rahman Mithu. 2018. Toxic effects of plastic on human health and environment : A consequences of health risk assessment in Bangladesh. International Journal of Health 6(1): 1-5. UNEP (United Nations Environment Programme). 2009. Converting waste plastics into a resource, division of technology, industry and economics international environment technology centre, Osaka/Shiga.
error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?