Haiwanita, Kalian sedang hamil, atau mungkin baru menikah atau justru belum mempunyai pasangan. Entah di posisi mana sekarang anda, tapi pernah gak kalian membayangkan kira-kira kalau aku nanti melahirkan enaknya ditolong siapa ya?. Caregiver mana ya yang bakal aku pilih, kan gak mungkin aku melahirkan sendiri tanpa ditolong orang lainnya?.

Udah ah dipikir nanti aja ketika mendekati persalinan atau akhir kehamilan aja mungkin sebagain wanita akan menjawab seperti itu, apalagi mereka yang masih belum menikah atau belum hamil. Tapi ada pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan, sama halnya dengan persalinan. Direncanakan dulu semuanya secara matang agar nanti ketika bersalin tidak bingung. Lantas apa sih bedanya?. Yuk simak penjelasan kami sebagi berikut.

Persalinan adalah suatu yang pasti akan dialami setiap wanita, persalinan pada dasarnya normal. Namun pada beberapa kasus, ada beberapa ibu yang mengalami masalah atau komplikasi saat kehamilan atau persalinannya sehingga tidak bisa melahirkan secara normal. Dan untuk mencegah berbagai masalah yang tidak diinginkan tersebut, maka ibu bersalin sangat dianjurkan untuk melahirkan ditolong caregiver atau tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dalam hal ini bisa di bidan atau dokter kandungan. Apa sih bedanya?

Bidan adalah seorang perempuan yang menyelesikan pendidikan bidan atau lulus, bidan merupakan tenaga professional yang bertanggung jawab dan bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan selama masa kehamilan, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi dan mempimpin persalinan normal atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir dan bayi. Sedangkan dokter kandungan atau SpOG (spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan) adalah dokter yang menangani permasalahan kebidanan atau kehamilan termasuk komplikasinya serta menangani penyakit kandungan seperti infeksi, tumor, kanker dan komplikasi lainnya.

Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa bidan dan dokter kandungan memiliki kompetensinya masing-masing terkait persalinan, lantas kembali ke pertanyaan awal jadi kalau kalian nanti melahirkan pengen di tolong siapa?. Kami menyarankan pilihlah caregiver yang terpercaya dan membuat anda merasa nyaman sehingga anda dapat menikmati persalinan dengan bahagia entah itu bidan atau dokter kandungan itu adalah pilihan anda.

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?