Hai wanita, tahukah kamu bayi baru Lahir memiliki kebutuhan yang mendasar ?

Kali ini haiwanita.com akan membahas tentang Kebutuhan dasar bayi baru lahir berdasarkan panduan bidan.

Menurut defisini bayi baru lahir yang normal adalah bayi yang lahir dari usia kehamilan cukup bulan (37 minggu – 42 minggu) dengan berat badan lahirnya 2500 gram – 4000 gram, lahir langsung menangis, dan tidak ada kelainan atau cacat bawaan. Jika bayi lahir kurang bulan maka bayi disebut dengan bayi prematur dan diperlukan perawatan khusus. Bayi baru lahir sering juga disebut dengan neonatus.

Neonatal atau bayi baru lahir adalah masa sejak lahir sampai dengan 4 minggu atau 28 hari sesudah kelahiran. Pembagian neonatus dibagi menjadi 2 yaitu menjadi neonatus dini yaitu bayi berusia 0-7 haridan neonatus lanjut yaitu bayi berusia 7-28 hari.

BACA JUGA : Ibu Usia Remaja Rentan Depresi Setelah Melahirkan

Bayi yang sebelumnya berada di dalam perut bunda, berada di air ketuban dan mendapatkan makanan dari plasenta atau ari-ari kemudian keluar dari perut bunda akan mengalami sejumlah adaptasi baik secara fisik dan psikologik. Mulai dari sistem pernafasannya, sistem peredaran darahnya, sistem pengaturan tubuh, metabolisme glukosa, gastrointestinal, hingga kekebalan tubuh. Proses adaptasi ini berlangsung secara bertahap dari hari kelahiran bayi hingga semua sistem dapat berjalan sehingga memerlukan pemantauan ketat untuk menentukan msa transisi kehidupannya ke kehidupan luar kandungan berlangsung dengan baik, lain kali akan dijelaskan lebih detail ya, bunda. Adapun kebutuhan dari bayi baru lahir meliputi sebagai berikut:

  • IMD (inisiasi Menyusui Dini) :

Ini merupakan proses dimana bayi baru lahir  berusaha mencapai putting ibu untuk menyusu dengan sendirinya, jadi bunda tidak perlu mengarahkan. Karena secara fisiologis bayi dapat mencium air susu ibunya sendiri. Dalam proses ini biasanya memerlukan waktu 60-90 menit, menyusu pertama biasanya berlangsung pada menit ke-45-60 dan berlangsung selama 10-20 menit dan bayi cukup menyusu dari satu payudara.

Terkadang ada juga yang tidak berhasil hingga menyusu payudara namun tidak apa-apa karena yang penting adalah kontak langsung antara kulit bayi dan kulit bunda sehingga selain dapat merangsang jumlah produksi ASI tetapi juga bisa meningkatkan bounding antara bunda dengan bayi. Oh iya bunda, air susu yang keluar pertama kali yang berwarna kekuningan juga bisa langsung dihisap bayi, cairan ini namanya colostrum berfungsi untuk menambah kekebalan tubuh bayi jadi jangan dibuang ya.

  • Pencegahan Infeksi dan perawatan tali pusat

 Seperti kita tau bunda, bayi baru lahir masih memiliki kekebalan yang belum baik sehingga sangat rentan terjangkit penyakit. Sehingga bunda harus bener-bener menjaga kebersihan dari sang buah hati. Mulai dari membiasakan diri mencuci tangan sebelum kontak dengan sang buah hati, memandikan dengan rutin, sering ganti popok,dan melakukan perawatan tali pusat.

Perawatan tali pusat  yang baik adalah dengan tidak membungkus tali pusat atau mengoleskan apapun ya bunda, cukup di bungkus dengan kassa steril yang kering dan diganti tiap kali mandi atau jika sudah kotor.

  • Pencegahan kehilangan panas:

Bayi yang baru lahir juga mudah banget kehilangan panas dan kedinginan bunda, jadi bunda harus menjaga kehangatannya. Bayi baru lahir tidak boleh langsung dimandikan namun menunggu 6-8 jam setelah lahir baru dimandikan dengan air hangat. Menjaga kontak kulit bayi dan bunda juga diperlukan selain bisa menimbulkan kehangatan untuk bayi juga dapat  meningkatkan bounding bunda. Jangan lupa menyelimuti tubuh bayi, tidak perlu di bedong rapat-rapat yang penting bayi merasa hangat, Dan yang paling penting jangan lupa menggunakan topi atau menyelimuti kepala bayi karena panas tubuh bayi cepet banget keluar lewat kepala bayi.

  • Pemberian ASI eksklusif

ASI eksklusif adalah pemberian Air Susu Ibu (ASI) yang diberikan selama 0-6 bulan tanpa makanan dan minuman tambahan. Dan jika bisa dilanjutkan dengan pemberian ASI dan makanan pendamping sampai usia 2 tahun.

Nah, bagaimana bunda sudah semakin paham belum dengan kebutuhan dasar bayi baru lahir. Semoga bermanfaat bunda.

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?