Kenapa Iuran BPJS Kesehatan Naik dan Apa Manfaat Jadi Peserta BPJS Kesehatan ?

Akhir pekan yang lalu sedang ramai terkait biaya kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Dilansir dari CNBC Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengusulkan iuran BPJS Kesehatan yang direncakanan mulai diterapkan pada 1 Januari 2020 mendatang. Kenaikan iuran BPJS ini dikarenakan BPJS Kesehatan mengalami defisit sejumlah Rp. 17, 2 Triliun. Kok bisa ?

Menurut Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani, ada empat penyebab utama defisit BPJS Kesehatan. Merujuk dari katadata.co.id empat masalah tersebut adalah iuran yang  terlalu murah jika dibandingkan dengan manfaat yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Kedua, peserta  bukan penerima upah dari sektor mandiri hanya mendaftar saat sakit kemudian ketika sembuh mereka berhenti membayar iuran kesehatan, ketiga masyarakat baru mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan ketika sakit dan saat sehat enggan membayar iuran karena merasa tidak butuh.

Sebenarnya dengan membayar iuran BPJS Kesehatan turut membantu orang lain yang sedang sakit, karena tujuan  BPJS adalah meringankan beban masyarakat yang sedang sakit. Namun karena kurangnya kesadaran masyarakat sehingga BPJS Kesehatan mengalami defisit dan harus menaikkan iuran untuk menutupi defisitnya.  Dengan naiknya iuran BPJS Kesehatan, masyarakat merasa terlalu mahal dan keberatan untuk membayarnya karena kenaikannya 100%.

BACA JUGA :

Dengan naiknya iuran BPJS Kesehatan, masyarakat jadi berpikir terkait keuntungan yang akan didapatkan jika bergabung dengan BPJS Kesehatan. Perlu diketahui bahwa banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika bergabung dengan BPJS Kesehatan. haiwanita.com akan merangkum apa saja keuntungan yang didapatkan ketika bergabung dengan BPJS Kesehatan :

Semua Penyakit ditanggung BPJS Kesehatan

Semua pelayanan kesehatan yang sifatnya pengobatan terhadap peserta BPJS Kesehatan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Semua penyakit dalam indikasi medis sesuai dengan prosedur JKN yang berpedoman pada Permenkes No. 28 Th. 2014.

Menanggung tanpa melihat kondisi sebelumnya

BPJS Kesehatan merupakan asuransi yang menerapkan sistem gotong royong, yang sehat membantu yang lemah. Maka dari itu, BPJS Kesehatan akan membantu peserta BPJS yang sakit tanpa melihat kondisi sebelumnya dan tanpa batasan penyakit. BPJS juga membantu peserta yang mengalami sakit seumur hidup seperti thalassemia, gagal ginjal kronis, kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya yang tidak ditanggung asuransi lainnya.

Tanpa Medical Check Up

Di asuransi kesehatan lainnya ketika melakukan pendaftaran anda akan dikenai medical checkup terlebih dahulu, jika anda berusia diata 40 tahun maka premi yang dikenakan semakin mahal, bahkan kemungkinan terburuknya polis yang anda ajukan ditolak. Namun dengan BPJS Kesehatan anda dapat mendaftar di usia berappaun dan saat mendaftar tidak perlu melakukan medical checkup.

Dijamin Seumur Hidup

BPJS akan memberikan pelayanan sampai seumur hidup.  Melansir dari cermati.com ada beberapa asuransi kesehatan yang hanya menangguhkan pelayanan maksimal pesertanya berusia 100 tahun.

Preminya Murah

Premi BPJS Kesehatan sangatlah murah jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya. Murah bukan berarti keuntungan yang diberikan murahan. Peserta dapat memilih kelas pelayanan kesehatannya hanya dengan : Kelas 3 Tp. 25.000, Kelas 2 Rp. 51.000, Kelas 1 Rp. 80.000. Dengan iuran tersebut anda sudah di cover banyak penyakit, rawat inap, pembedahan, obat dan melahirkan. bahkan cuci darah dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

Namun poin terakhir ini terancam tidak menjadi keuntungannya lagi ketika ada kebijakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Maka dari itu, segera bayarlah iuran secara tertib setiap bulannya karena dengan tertib membayar iuran, anda sudah membantu menyehatkan masyarakat lainnya dan semoga wacana untuk menaikkan iuran bisa dikaji lagi dan tidak begitu drastis naiknya. 

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.