Kepuasan Seksual Demi Keharmonisan Pernikahan

Kepuasan seksual berpengaruh pada kualitas dalam pernikahan.

Kepuasan seksual adalah komponen yang bersifat subjektif dan psikologis yang didasari dari pengalaman seksual dan disertai dengan variabel lain yang mempengaruhi.

Dari sudut pandang positif, kehidupan seks yang memuaskan disertai romantisme antar pasangan, berhubungan langsung dengan kepuasan berhubungan intim, keberhargaan diri, kesehatan fisik dan mental, kepuasan emosi, dan kepuasan akan kehidupan sehingga meningkatkan kualitas hidup bagi individu dan pasangannya.

Kepuasan seksual dari sudut pandang wanita sebagian besar telah diabaikan, disalahartikan, dan ditolak hingga saat ini. Kunci keharmonisan dalam pernikahan ditentukan oleh kedua belah pihak dan harus sama-sama merasakan kepuasan dalam berumah tangga, terlebih pada pemenuhan kebutuhan seksual.

BACA JUGA :

Faktor-faktor penentu kepuasan seksual berbeda pada pemahaman tiap individu. Berikut adalah beberapa variabel utama yang mempengaruhinya

1. Pengetahuan, kepercayaan, sikap, dan nilai-nilai yang terkait dengan seksualitas.

wanita - kepuasan seksual

Wanita dengan tingkat pengetahuan yang lebih tinggi serta sikap yang fleksibel dan positif tentang seksualitas lebih puas akan kehidupan pernikahannya. Pengaruh tersebut ditandai dengan adanya peningkatan frekuensi aktivitas seks bersama dengan pasangan. Wanita yang meningkatkan pengetahuan mereka akan menumbuhkan fleksibilitas dan keyakinan serta sikap terbuka secara konseptual.

2. Perilaku seksual

wanita-kepuasan

Wanita yang berinisiatif memulai dulu untuk memberikan perasaan erotis ke pasangan menunjukkan kemampuan berkomunikasi yang baik perihal apa yang dia inginkan untuk kepuasan seksual yang bisa didapat.

Teknik seksual yang tepat dapat meningkatkan respon positif yang membawa kenikmatan dalam setiap foreplay nya. Kegiatan yang paling memuaskan dari step pertama adalah kissing, membelai, memeluk, dan kedua dilanjut dengan berhubungan intim, menunjukkan kepuasan seksual.

3. Frekuensi aktivitas seksual

wanita - puas

Frekuensi aktivitas seksual memberikan kontribusi terhadap kepuasan seksual wanita. Tidak hanya tentang berhubungan intim saja, dengan menunjukkan cinta setiap hari seperti kissing, membelai, memeluk, dan variasi lainnya, juga membawa suasana intim yang bisa didapatkan setiap waktu serta memberikan efek pada peningkatan kepuasan seksual.

4. Kepuasan seksual individu dan pasangan

wanita-senyum

Kepuasan diperoleh dari kegiatan atau perilaku seksual  dengan pasangan. Kepuasan seksual wanita seringkali terkait erat dengan faktor emosional. Komunikasi dengan pasangan akan kenyamanan dan ketidaknyamanan, frekuensi aktivitas seksual, jenis perilaku seksual perlu dipertimbangkan. Wanita yang nyaman mengkomunikasikan kebutuhan mereka kepada pasangan akan lebih puas terhadap hubungan seksualnya.

Promosi kesehatan seksual ditujukan untuk meningkatkan kepuasan seksual dan kesejahteraan dalam pernikahan. Oleh karena itu diperlukan intervensi yang berfokus pada pengembangan nilai-nilai, sikap, kepercayaan, dan perilaku seksual yang sehat yang bisa membentuk kepuasan perilaku seksual di awal masa pernikahan dan seterusnya.

Sumber : Adelaida IOB., Debora GI., M. Luisa V. & Juan FG. 2017. Sexual satisfaction among young women: The frequency of sexual activities as a mediator. Journal anales de psicología 33(3): 732—742.

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.