Kok Bisa Melahirkan Bebas Nyeri ?

Melahirkan merupakan tahapan menjadi seorang ibu, hal yang menakutkan, menegangkan dan menyakitkan bagi sebagian ibu. Namun, tahukah bahwa semua yang dirasakan adalah hasil dari pengalaman subjektif, maksudnya adalah ketika ibu “A” berpendapat melahirkan itu menyenangkan dan proses yang indah, belum tentu berlaku pada ibu “B” sehingga mari kita simak dan samakan persepsi dahulu.

Seperti yang kita tahu melahirkan merupakan proses keluarnya bayi dan plasenta dari rahim melalui jalan lahir vagina atau pembedahan perut (saecar). Sebagian besar seorang ibu merasakan nyeri yang sangat luar biasa selama proses melahirkan. Perlu disadari bahwa ambang nyeri setiap orang berbeda sehingga tidak dapat di generalisir.

Nyeri melahirkan merupakan pengalaman subjektif tentang sensasi fisik yang terkait dengan kontraksi uterus, dilatasi dan penipisan serviks, serta penurunan janin selama persalinan. Setiap ibu memiliki respon nyeri yang berbeda di pengaruhi beberapa faktor seperti rasa takut atau kecemasan, Kepribadian, Kelelahan, Faktor sosial dan budaya, Pengharapan yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Sehingga kita dapat mengupayakan dari beberapa faktor ini untuk di netralkan dan disesuaikan kenyataan dengan pengharapan yang positif ketika menghadapi persalinan.

BACA JUGA :

Adapun beberapa metode untuk menghilangkan rasa nyeri selama persalinan secara nonfarmakologis yang mana metode nonfarmakologi tidak membawa resiko alergi atau efek obat yang tidak dikehendaki seperti, Massage Rubbing Punggung, Hypnobirthing, Water Birth, Akupunktur, Akupresur, Senam Yopphyita Materna, Pendampingan Persalinan, Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), Kompres (Terapi Temperatur),Teknik Relaksasi Bernafas, Musik dan Audioanalgesia.

Beberapa metode ini akan kami bahas di artikel selanjutnya ya, kesimpulannya respon  nyeri pada tubuh kita dapat di olah sehingga nyeri dapat di manajemen dengan baik oleh tubuh, jadi  tetap berpikiran positif dan yakin dengan persalinan yang nyaman, bebas nyeri dan lancar ya Moms..

Bersambung . . .

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?