Haiwanita, pernahkah kalian menghitung berapa banyak air putih yang kalian minum dalam sehari ? Tau gak sih air putih sangat penting untuk kesehatan tubuhmu, dan jika kekurangan air putih dapat menimbulkan berbagai macam penyakit loh.

Belakangan ini bermunculan banyaknya minuman manis di kedai – kedai atau sekedar warung pinggir jalan, dan kini sudah menjadi trend untuk mengkonsumsi minuman manis yang segar sekaligus menggoda dan kadang membuat kita lupa mengkonsumsi air putih. Padahal Manusia harus mengkonsumsi air putih sebanyak 1,5- 2 liter dalam sehari agar tubuh bekerja dengan seimbang dan tidak terjadi masalah.

BACA JUGA :

Kenapa harus minum air putih sebanyak 1,5 sampai 2 liter ? Karena pada dasarnya sekitar 60% dari berat badan manusia diwakili oleh air tubuh total yang disitribusikan ke seluruh tubuh dan organ dalam. Dengan rincian sebagai berikut kadar air di dalam otak sebanyak 90%, paru-paru sebanyak 86 %, jantung sebanyak 75%, hati sebanyak 86 %, ginjal sebanyak 83 %, otot sebanyak 75 %, darah sebanyak 90%, tulang sebanyak 22 %, dan gigi sebanyak 5%. Selain itu, air putih dalam tubuh memiliki fungsi sebagai pembawa zat dan nutrisi yang dialirkan melalui system peredaran darah, mengelurakan limbah atau racun di dalam tubuh serta memberi dukungan pada structural jaringan dan sendi. Kebutuhan air putih juga dipengaruhi oleh usia, aktivitas, fisik, keadaan pribadi dan kondisi cuaca. Sehingga terkadang kebutuhan air putih tiap orang berbeda.

Ada beberapa penyakit yang dapat terjadi jika kekurangan minum air putih diantaranya sakit kepala, tekanan darah tinggi, kolesterol, radang sendi atau arthritis, sakit punggung, sembelit atau susah buang air kecil/besar, stress, hingga nyeri saat mentruasi.

Dismenorhea atau nyeri saat mentruasi biasanya adalah bentuk ketidaknyamanan yang terjadi saat menstruasi. Rasa nyeri ini terjadi akibat rahim berkontraksi untuk meluruhkan lapisannya yang keluar yang disebut darah menstruasi. Hal ini menyebabkan pengeluaran cairan lebih banyak dan menimbulkan dehidrasi sel endometrium. Sehingga tubuh membutuhkan tenaga tambahan dan extra cairan agar proses biologis menjadi lancar. Dengan mengkonsumsi air purih 1,5-2 liter perhari maka tubuh akan memiliki cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang sehingga tegangan dan kram pada perut akan hilang. Namun jika konsumsi air putih kurang maka dapat menyebabkan rasa sakit pada saat mentruasi semakin bertambah.

Bahkan terdapat penelitian yang menggunakan air sebagai terapi untuk mengurangi nyeri pada saat menstruasi. Terapi minum air putih digunakan untuk menjaga ksehatan dan keutuhan sel dalam tubuh, mejaga tingkat cair aliran darah agar lebih mudah mengalir sehingga membantu mencairkan sel darah beku, melumasi persendian, membawa nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh tubuh serta membuang zat sisa/sampah keluar tubuh. Selain itu, air putih juga memiliki 7 kandungan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh mulai dari fluorida, natrium, kalium, magnesium, kalsium, zinc, dan silica. Dan yang paling berperan dalam menurunkan nyeri menstruasi adalah magnesium dan kalisum. 

Itu tadi penjelasan tentang pentingnya mengkonsumsi air putih sebanyak 1,5 -2 liter perhari khususnya buat wanita, karena air putih menjaga kesimbangan air tubuh meskipun kebutuhan. Jangan lupa minum 8 gelas air putih hari ini.

Sumber :

  • Suban, dkk. 2016. Pengaruh Terapi Air Putih Terhadap Penurunan Dismenorhea Primer Pada Remaja Putri Di Kos Bambu Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Nursing News Volume 2, Nomor 3, 2017 Volume 1, Nomor 2, 2016.
  • M.C. Albertini et al.  2007. Drinking mineral waters: biochemical effects and health implications – the state-of-the-art. Int. J. Environmental Health, Vol. 1, No. 1, 2007
error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?