Pernikahan merupakan moment yang sakral harapannya satu kali seumur hidup, tentu dalam pernikahan semua orang mendambakan menjadi keluarga yang harmonis, bahagia dan sejahtera, untuk mewujudkan itu semua perlu adanya kematangan persiapan secara fisik, psikis, ekonomi, social, budaya, agama. Semua aspek ini mempengaruhi keberhasilan dalam suatu pernikahan karena menyatukan 2 keluarga dengan pemikiran, latar belakang yang berbeda itu tidak mudah. Selain itu, dari aspek kesehatan pun tidak kalah penting dipersiapkan sebelum pernikahan. Ada beberpa persiapan dari aspek kesehatan yang harus wajib tahu.

1. Pemeriksaan fisik secara komprehensif

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui secara menyeluruh status kesehatan pasangan kita, sejatinya kita dapat menerima dengan apa adanya dan dapat didiskusikan solusinya agar tidak menjadi masalah dikemudian hari. Ada beberapa hal yang umumnya diperiksakan adalah pemeriksaan fisik secara had to toe, pemeriksaan lab. Darah, skrining penyakit menurun/ yang diderita.

2. Persiapan Gizi

Tujuan pernikahan bertujuan untuk mendapatkan keturunan, hal yang paling penting adalah perispan secara gizi di tiga bulan sebelum melakukan konsepsi, seyogyanya sebagai calon pengantin harus dapat memilah dan memilih makanan yang baik dikonsumsi, tingkatkan asupan makanan yang seimbang dan bergizi, suplemen pun menjadi penting seperti asam folat yang berfungsi untuk membantu perkembangan sel pada janin, vitamin E yang dapat membantu meningkatkan kualitas kesuburan. Selain mengkonsumsi suplemen tersebut sebaiknya dihindari makanan yang instan dan berpengawet.

3. Perencanaan Kehamilan

Sebaiknya sebelum melakukan pernikahan alangkah baiknya calon pengantin membicarakan hal ini, langsung siap memiliki momongan, menunda dulu dan sekiranya berapa lama dapat didiskusikan bersama pasangan agar keduanya dapat memeprsiapkan secara maksimal.

Baca Juga :

4. Imunisasi TT

Imunisasi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus, dan menjadi syarat untuk mengajukan pernikahan.

5. Imunisasi HPV

Imunisasi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kanker serviks yang mana kanker ini menjadi pemunuh perempuan nomor tiga di dunia dan menjadi nomor satu di Indonesia. Sehingga para perempuan disarankan untuk imunisasi ini dengan harapan sebelum melakukan hubungan seksual dapat langsung di imunisasi.

5 hal diatas adalah hal yang wajib dipenuhi sebelum menikah sebagai antisipasi dari berbagai kemungkinan, namun selain itu ada banyak lainnya yang harus disiapkan juga karena menikah adalah momen sekali seumur hidup. Jadi siapkan secara matang dan tidak terburu – buru yaa.

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?