Makan ini Agar Kolesterol Turun di Hari Raya Qurban

Hati-hati, kolesterol yang tinggi berbahaya bagi tubuh karena dapat menyumbat aliran darah dalam arteri.

Sudah beberapa hari berlangsung setelah melaksanakan ibadah qurban untuk umat beragama muslim di seluruh dunia. Menu makanan berasal dari hewan berupa daging sapi dan kambing tak luput tersaji lezat di meja makan rumah masing-masing. Mulai dari memasak ala opor, rendang, tongseng, makanan bersantan dan berminyak lainnya, tak sadar membuat kadar kolesterol darah menjadi naik. Karena makanan khas ini akan disantap setiap harinya, maka perlu juga menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan terhindar dari tingginya kadar kolesterol.

1.Kacang

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang hijau, almond, kenari, dan jenis lainnya dapat membantu menyehatkan jantung. Makan 2 ons kacang sehari dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekitar 5% dalam tubuh.

2. Kedelai

Makan makanan olahan dari kedelai, seperti tahu, tempe, atau susu kedelai dapat menjadi cara untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2,5 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan kadar LDL sebesar 5-6%.

3. Oat

Mengonsumsi oat merupakan langkah pertama yang mudah dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Sarapan setiap hari rutin dengan semangkuk sereal gandum (oat) dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Terong dan Okra

Kedua sayuran ini memiliki kandungan serat yang baik dan kalori yang rendah. Bagus untuk menurunkan kolesterol jahat.

5. Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati, seperti minyak canola, sunflower, zaitun, sebagai pengganti mentega atau minyak sawit untuk memasak dipercaya dapat membantu menurunkan LDL dalam tubuh.

6. Apel, Anggur, Jeruk

Buah-buahan ini kaya akan kandungan pektin, sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar LDL.

7. Ikan

Ganti daging anda dengan makan ikan. Konsumsi ikan 2 atau 3 kali seminggu dapat membantu menurunkan kadar LDL. Ikan memiliki kandungan omega-3 yang dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi kesehatan jantung.

Menambahkan menu makanan penurun kolesterol ini untuk beberapa hari kedepan sangat direkomendasikan untuk menyeimbangkan asupan nutrisi dan kesehatan anda. Tetap jaga pola makan, minum air putih yang cukup, dan sempatkan berolahraga 2-3 kali seminggu memabntu menjaga kesehatan jantung dan tubuh.

Sumber:

Harvard Heart Letter. 2019. 11 foods that lower cholesterol. Harvard Health Publishing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?