Makanan Peningkat Kesuburan Wanita

Makanan yang kita makan memiliki peran yang sangat besar untuk metabolisme tubuh kita. Begitupun perubahan pola makan dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita dan meningkatkan kemungkinan kehamilan yang sehat.

Makanan yang sehat dan seimbang secara teratur dan konsisten terbukti dikaitkan dengan peningkatan kesuburan wanita. Berikut beberapa tips makanan yang dapat Anda pilih:

1.Hindari Lemak Trans

Lemak Transk Merupakan lemak yang dibuat secara artifisial dalam makanan olahan untuk meningkatkan masa simpan dan meningkatkan rasa. Namun sayangnya konsumsi lemak trans dapat meningkatkan resistensi insulin dan penurunan ovulasi.

2. Omega-3

Pola makan kaya lemak tak jenuh ganda, khususnya omega-3 (kenari, makarel,dll.) dapat meningkatkan kesuburan, membantu pematangan sel telur dan implantasi embrio di dinding rahim.

3. Buah-buahan asam, seperti anggur, jeruk, strawberry, dsb.

Buah-buahan yang kaya kandungan vitamin C dapat menstabilkan ovulasi dan membantu pelepasan sel telur. Berhati-hatilah untuk Anda penderita diabetes karena buah-buahan tetap memiliki kandungan gula alami, khususnya bagi Anda dalam masa pengobatan dan diet gula.

4. Pilih susu full fat

Produk susu full fat biasanya dikemas dengan tambahan vitamin A, D, E. K (vitamin larut lemak). Mereka yang memilih produk susu full fat memiliki tingkat masalah ovulasi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang memilih produk susu low fat.

5. Penuhi protein nabati

Pemenuhan protein nabati seperti kacang-kacangan dapat mengurangi siklus anovulasi (dimana sel telur tidak dilepaskan) hingga 50%.

6. Kayu manis

Terbukti membantu mengatur siklus menstruasi. Semakin teratur siklus menstruasi maka semakin tinggi peluang untuk hamil.

Kepada siapa pun yang kini berusaha untuk hamil, ingatlah untuk dalam kondisi tenang, relaks, dan mencoba praktikan tips singkat ini untuk membantu Anda meningkatkan kesuburan dari segi makanan harian. Selamat mencoba.

Sumber:

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.