3 Manfaat Kurma yang Jarang di Ketahui, Padahal Sangat Penting.

Kurma merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah yang identik dengan bulan Ramadhan, kurma memiliki sejuta manfaat karena kandungan kurma yang tinggi serat, tinggi karbohidrat, dan tinggi nutrisi yang mudah di cerna di dalam pencernaan membuat kurma menjadi cemilan wajib selama bulan puasa. Kurma dapat dikonsumsi ketika sahur yang berfungsi untuk membuat rasa kenyang lebih lama, meminimalisir rasa haus. Fungsi lain ketika berbuka ternyata kurma mampu melindungi sistem pencernaan, mempercepat tubuh menghasilkan energy, tidak hanya itu, buah kurma ternyata mengandung banyak manfaat bagi kehamilan, persalinan dan menyusui.

1.Manfaat Kurma Dalam Kehamilan

Kandungan kurma Fiber, kalsium, kalium, magnesium, B kompleks, zat besi sangat memiliki peran yang luar biasa untuk pertumbuhan janin, seperti kalsium, magnesium yang berfungsi untuk membentuk pertumbuhan tulang dan komposisinya, saraf, jantung, otot bayi, system pembekuan darah, mengatur kadar insulin darah, serta memperbaiki jaringan. Zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah dan suplai oksigen ke sel sebagai energi untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

2.Manfaat kurma dalam persalinan

Beberapa penelitian menyatakan bahwa buah kurma dapat melancarkan persalinan dengan mengkonsumsi kurma 60-67 gram/hari pada 4 minggu sebelum melahirkan.  kandungan fruktosa dalam kurma sangat aman untuk ibu hamil, serta kandungan hormone oksitosin memperkuat ikatan otot rahim serta membantu kontraksi yang adekuat asehingga mencegah perdarahan selama persalinan. Mengkonsumsi kurma setiap hari sebelum menjelang persalinan terbukti dapat mempercepat proses dilatasi serviks (pembukaan), fase laten lebih pendek, dilaporkan 96% lahir spontan.

3. Manfaat kurma dalam Menyusui

Hormon oksitosin yang terkandung dalam buah kurma berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi ASI, mempercepat proses pemulihan anatomi dan fungsi rahim. Kandungan flavonoid pada buah kurma mempercepat tubuh menghasilkan trombosit dan sel darah merah, sehingga mampu membantu mengganti jumlah darah yang hilang selama persalinan dan nifas.

BACA JUGA :

Ternyata sungguh luar biasa bukan manfaat yang bisa kita petik dari buah kurma, kita dapat mengkonsumsinya setiap hari dengan jumlah yang ganjil sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW, walaupun hingga sekarang belum ada yang meneliti secara pasti dampak mengkonsumsi ganjil atau genapnya. Selain konsumsi buah kurma Moms tetap harus menjaga asupan makanan lainnya agar seimbang dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Sumber :

  • Suroso, 2016. Pengaruh Konsumsi Buah Kurma Pada Akhir Kehamilan Terhadap Kemajuan Persalinan Kala 1 dan Jumlah Perdarahan Saat Persalinan Pada Primipara. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan.
  • Masoumeh Kordi et.al. 01. Effect Of Late Pregnancy Consumption Of Date Fruit On Cervical Ripening In Nulliparous Women. Journal of Midwifery and Reproductive Health.
error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?