Manfaat Senyum Yang Belum Kamu Ketahui

Tersenyumlah maka kamu akan terlihat cantik.

Pernah tidak mendengar kutipan diatas, pasti hampir semuanya sudah tau.

Namun taukah kamu bahwa senyum punya banyak manfaat lain yang sangat dahsyat.

Mulai dari mengurangi stres, meredamkan kemarahan hingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. kok bisa?

Pengen tau bagaimana bisa terjadi dan apa aja sih manfaat dari sebuah senyuman. Yuk, simak penjelasan kami berikut ini.

Senyum adalah bagian dari eksperesi wajah yang terjadi karena bergeraknya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya dan menggambarnya keadaan bahagia. Namun sebenarnya senyum memiliki banyak manfaat yang sangat banyak karena ketika senyum akan memicu keluarnya hormon bahagia seperti hormon dopamin, serotonin, serta endorfin. Selain itu, senyum juga dapat meningkatkan saraf parasimpatik sehingga tubuh menjadi rileks. Lalu apa sih, manfaatnya?. Berikut ini manfaat senyum yang belum diketahui banyak orang.

Membuat seseorang semakin menarik

Kamu pernah tidak pergi ke supermarket atau bank, pernah tidak mengamati petugasnya pasti mereka melayani customer dengan memberikan senyuman. Dan itu merupakan standar operasional mereka, karena dengan senyum orang akan terlihat menjadi ramah, menyenangkan serta meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, ketika senyum akan keluar hormon bahagia yang membuat terlihat lebih cantik. Sehingga dapat membuat seseorang semakin menarik  digunakan untuk membentuk branding diri atau citra positif, berjualan atau marketing maupun menarik lawan jenis.

Menurunkan stress dan depresi

Pernah tidak, merasa stress, galau, bahkan depresi dalam menjalani hari, coba deh saat ini melanda kamu tersenyum. Dijamin strees kamu akan berkurang. Karena dengan tersenyum adalah salah satu cara membuat tubuh mencapai kondisi rileks. Saat seseorang tersenyum terjadi penurunan sistem saraf simpatik yang salah satunya membuat otot yang tegang. Penurunan ini membuat otot yang tadi tegang menjadi lebih rileks, mengurangi pemecahan terhadap nitric oxide yang membawa pada pelebaran pembuluh darah serta membuat pola pikir kita berubah menjadi positif.

Menurunkan hipertensi

Ketika tersenyum tubuh akan mengelurkan hormon enforfin yang memberi efek pengurangan rasa sakit, menurunkan hormon stress dan meningkatkan kekebalan tubuh. Pelepasan hormon tersebut membuat denyut jantung menurun, melancarkan aliran daran sehingga dapat menurunkan hipertensi.

Meredam amarah

Tidak bisa mengendalikan amarah, coba tersenyum agar emosi menjadi lebih stabil. Karena ketika kita marah atau stress nafas kita menjadi cepat dan terburu-buru sehingga kita perlu membuat pikiran kita menjadi tenang. Dapat dilakukan dengan tersenyum sambil menarik nafas agar aliran oksigen masuk ke jaringan seluruh tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Tersenyum terbukti dapat mengaktifkan sel NK atau Natural Killer yang berguna meningkatakn kekebalan tubuh. Selain itu senyum juga mengurangi depresi serta semua emosi negatif sehingga membuat kekebaln tubuh dapat meningkatkan kekebalanya dalam melawan infeksi yang masuk kedalam tubuh. Bahkan ada sebuah klinik di luar negeri yang melakukan terapi tertawa dapat dipercaya dapat mengatasi kanker. Bagaimana semoga sudah lebih paham manfaat dari senyum ya, jangan lupa senyum ya mulai dari sekarang. Selain punya banyak manfaat senyum juga kan sedekah.

Sumber :

  • Nurwela, dkk. 2015. Efektivitas Terapi Tertawa Untuk Menurunkan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia. Jurnal “Ilmiah Kedokteran” Volume 4 Nomer 1 Edisi September 2015, hal. 62 – 76
  • Desinta dan Ramadhani. 2013. Terapi Tawa Untuk Menurunkan Stres Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Psikologi Volume 40, No. 1, Juni 2013: 15 – 27
error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.