Mengapa anak-anak tidak menjadi sakit karena covid ?

*Perspektif dari Bakteri Usus

Mikrobiota alami pada hidung, mulut, paru-paru, dan usus ada untuk membantu melawan patogen.

Bayi dan anak-anak secara alami memiliki konsentrasi tinggi hingga 80% bakteri usus yang dinamakan bifidobacterium dibandingkan orang dewasa. Kadar menurun seiring bertambahnya usia. Diperkirakan pada lansia hanya memiliki 0-5% bakteri tersebut. Bifidobacterium dipercaya turut bekerja pada pengaturan sistem imun yang sama untuk memberantas covid dalam tubuh.

Pernyataan dari dr.Christine Bishara yang dilansir di verywellfamily.com bahwa Bifidobacterium berfungsi sebagai pengatur kekebalan dan membantu menghambat IL-6 yang sama dengan pro-inlamantory citokine yang menginisiasi cytokine storm.

BACA JUGA :

Prof. Dr. Ir. Endang S. Rahayu, MS dari Pusat Studi Pangan-UGM juga menyatakan bahwa benar ada hubungan antara mikrobiota usus dengan covid. Fungsi gizi dan kesehatan usus harus dijaga pada pasien Covid-19. Para penulis juga menyarankan dukungan makanan bergizi dan aplikasi probiotik maupun prebiotik untuk mengatur keseimbangan gut microbiota. Usus sehat mengurangi risiko infeksi sekunder akibat translokasi bakteri patogen. Tentu saja perlu dilakukan penelitian yang mendukung peran probiotik di dalam mengatasi masalah covid-19, khususnya jenis probiotik serta dosis yang tepat.

Probiotik adalah pilihan yang tidak berbahaya dan layak digunakan untuk mencegah atau sebagai tambahan pengobatan pasien covid. Probiotik terbaik berasal dari pola makan, yang bisa Anda dapatkan dari prebiotik buah dan sayuran yang membantu membangun microbiota usus yang sehat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sumber:

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.