Mengatasi Mood Swing dengan Cokelat

Wanita sering mengalami suasana hati yang berubah – ubah, tahukah anda jika wanita juga menyukai cokelat ?

Suasana hati yang selalu berubah-ubah (mood swing) membuat wanita tidak bisa menjalani hari dengan maksimal. Saat mood swing menyerang dapat mengganggu berbagai aktivitas harian atau pekerjaan. Faktor kelelahan, perubahan hormon, stress dalam pekerjaan, kecemasan, depresi menjadi salah satu faktor munculnya mood swing.

Jika mood swing dalam diri seseorang tidak mendapat penanganan dapat menimbulkan sejumlah permasalahan kesehatan, seperti munculnya beberapa penyakit fisik dan mental. Munculnya mood swing akibat dari mekanisme biologis otak yang efeknya meningkatkan kadar kortisol, menimbulkan perasaan suasana hati yang buruk.

BACA JUGA :

Pencegahannya adalah dengan mengurangi faktor risiko terkait munculnya mood swing untuk jangka panjang. Untuk merasakan perbaikan suasana hati dalam jangka pendek anda dapat mencoba mengonsumsi cokelat. Kenapa cokelat ?

1. Cokelat kaya akan kandungan flavonoid.

Cokelat memiliki kandungan 12-18% flavonoid yang diperkirakan memberikan efek kesehatan yang baik. Untuk mengatasi mood swing, flavonoid bekerja dengan meningkatkan fungsi hipotalamus otak dan menurunkan kadar kortisol sehingga tubuh lebih relaks dan suasana hati membaik. Selain itu cokelat juga memiliki manfaat sebagai antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-depresan.

2. Semakin tinggi kadar cokelat semakin banyak kandungan flavonoid.

Rata-rata cokelat yang dijual bebas memiliki kadar 60—85%. Tidak perlu khawatir, poduk turunan kakao dalam bentuk sereal, produk susu, minuman, permen, cokelat batang, kue yang mengandung cokelat juga memberikan efek anti-depresan yang sama seperti cokelat murni.

3. Dibuktikan dengan Penelitian

Mengonsumsi cokelat 13-15 gram/hari (kadar cokelat 70%) selama 4 minggu terbukti dari sejumlah penelitian dapat menurunkan tingkat stress berat, sakit kepala, dan migrain.

4. Kadar cokelat 70—85% mengandung 600 kalori dan 24 gram gula.

Jika anda penikmat cokelat tetap batasi asupan sesuai kebutuhan kalori harian anda.

Bukan hanya menjadi camilan atau snack ternyata coklat memiliki manfaat yang luar biasa, nah kalau kalian merasa mood sedang tidak seperti biasanya maka segeralah mengonsumsi cokelat favorit kalian ya supaya kembali stabil lagi.

Sumber :

  • Catherine Tsang, Lindsay Hodgson, Anna Bussu, Grace Farhat & Emad Al-Dujaili. 2019. Effect of Polyphenol-Rich Dark Chocolate on Salivary Cortisol and Mood in Adults. Journal Antioxidants MDPI 8(149): 1—10.
  • Maria J. Rodríguez-Lagunas, Filipa Vicente, Paula Pereira, Margarida Castell & Francisco J. Pérez-Cano. 2019. Relationship between Cocoa Intake and Healthy Status: A Pilot Study in University Students. Journal Molecules MDPI 24(812): 1—15.
  • American Heart Association News. 2019. Are There Health Benefits from Chocolate?. Diakses 25 Agustus 2019.

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?