Munculnya stretch mark atau garis-garis kehamilan tidak dapat dihindari dikarenakan perut ibu akan meregang melebihi ukuran normal.

Proses terjadinya kehamilan normalnya selama 9 bulan. Selama proses tersebut janin mulai tumbuh dalam kandungan yang menyebabkan perut ibu akan semakin membesar menyesuaikan pertumbuhan janin. Sehingga ukuran perut akan meregang melebihi ukuran normal dan memunculkan stretch mark pada perut ibu hamil.

Hai wanita, apakah kamu termasuk yang sering tidak percaya diri dengan saat memiliki stretch mark ? Takut dan khawatir garis tersebut tidak dapat hilang bahkan setelah melahirkan. Berbagai cara dilakukan ibu hamil untuk mengurangi tampilan stretch mark.

Stretch mark dalam kehamilan dibagi menjadi striae rubrae dan striae albae yang dapat dibedakan pada tampilan klinisnya. Adanya peningkatan hormon estrogen, androgen, dan glukokortikoid selama kehamilan menjadi penyebab munculnya garis-garis kehamilan.

Baca Juga :

Berikut adalah beberapa tindakan terapi untuk mengurangi tampilan stretch mark dalam pembahasan Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery (2018) :

1. Mencegah tampilan stretch mark dengan salep topikal khusus

Penggunaan krim topikal yang dikhususkan untuk mengurangi tampilan stretch mark kini banyak beredar dan dinilai efektif. Tampilan garis dapat berkurang dengan diaplikasikan krim topikal emollient yang mengandung pelembab tinggi seperti hydroxyprolisilane C, rosehip oil, Centella asiatica triterpenes, dan vitamin E.

2. Mengurangi Keparahan Tampilan stretch mark dengan tindakan non laser

Secara umum garis kehamilan awal yaitu striae rubrae dapat merespon pengobatan lebih baik dibandingkan pada striae albae (lesi yang lebih tua dan lama menetap).

Dokter akan memberikan tindakan mikrodermabrasi dikombinasikan dengan topical platelet-rich plasma karena lebih efektif untuk mengurangi tampilan striae awal. Sedangkan pada striae albae perlu peningkatan penetrasi krim topikal tretinoid, ablative radiofrequency yang dikombinasikan dengan ultrasound. Terdapat terapi lain seperti microneedling yang dinilai lebih efektif daripada terapi mikrodermabrasi.

3. Terapi laser

Perawatan laser juga dapat menjadi pertimbangan untuk menghilangkan tampilan stretch mark. Dengan meningkatkan kadar kolagen pada jaringan yang akan dipulihkan. Dokter akan mempertimbangkan luas dan lokasi dari garis yang akan dihilangkan.

stretch mark
stretch mark

Semua tindakan yang telah disebutkan dapat dijalani setelah proses melahirkan. Untuk pencegahan timbulnya garis-garis kehamilan, sebaiknya ibu hamil menggunakan pelembab/ krim yang ditunjukkan untuk menutrisi kulit area perut . Jika stretch mark disertai dengan gatal-gatal sebaiknya periksakan ke dokter agar ada penanganan lebih lanjut.

Sumber:

Wollina, U. & Goldman, A. 2018. Management of stretch marks (with a focus on striae rubrae). Review Artickle Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery 10: 124—129.

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?