Perbedaan Bidan dan Dokter Spesialis Kandungan (SpOG)

Bidan dan Dokter Spesialis Kandungan (SpOG) adalah profesi yang serupa tapi tak sama, persamaannya yaitu seseorang yang menangani kasus ibu hamil.

Ruang lingkup bidan yaitu menangani dan melayani siklus hidup wanita mulai dari kesehatan reproduksi sejak bayi hingga menopouse. Fokus layanan bidan adalah melayani dengan baik ibu hamil ditinjau dari aspek psikis, fisik, spritual, sosial, budaya tidak hanya membantu dalam persalinan, Bidan juga memberikan edukasi – edukasi kepada ibu hamil terkadang Bidan juga lebih dekat dengan pasien dan bisa meredam kekhawatiran pasien saat akan melahirkan.

Pembeda utama antara Bidan dengan Dokter Spesialis Kandungan (SpOG) yaitu untuk kasus normal bidan wajib bisa menolong kehamilan & persalinan sedangkan apabila kehamilan yang mengalami satu masalah, harus ke dokter spesialis kandungan (SpOG).

BACA JUGA :

Bidan adalah garda terdepan persalinan normal, di setiap puskesmas Kecamatan di seluruh Indonesia harus ada bidan. Itu sesuai pembagian zona kerja bidan berdasar pada organisasi kesehatan indonesia. Kenapa begitu ? Karena bidan diharapkan mampu mendeteksi sedini mungkin jika ada kasus – kasus ibu hamil berisiko. Apabila kehamilan beresiko, maka oleh bidan akan dirujuk kerumah sakit kepada Dokter Spesialis Kandungan (SpOG).

Dilansir oleh Bidan – bidan di haiwanita.com

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.