Resolusi Sehat di Tahun 2020

haiwanita,

Happy New Year untuk semua pembaca haiwanita.com. Selamat datang 2020, selamat tinggal 2019.

Apakah target atau resolusimu di tahun kemarin sudah terpenuhi, kalau sudah hebat kamu keren kalau masih belum tidak papa jangan sedih move on, rencanakan lagi lebih matang di tahun ini.

Lantas apa sih, resolusimu di tahun 2020? apakah hidup sehat menjadi salah satu resolusimu di tahun 2020?  Apakah kamu ingin menjadi lebih sehat dan cantik sepanjang 2020 atau kamu ingin melakukan diet, agar terlihat kurus?

Kali ini kami akan memberikan resolusi sehat di tahun 2020 ala haiwanita.com, kira-kira apa aja sih resolusinya yuk simak lebih lanjut.

  • Ubah mindset atau pola pikir anda

Setiap orang selalu membuat resolusi mulai dari karier, cinta hingga kesehatan di tahun baru karena menganggap bahwa tahun baru adalah awal dalam menjalani tahun sehingga kita berfikir untuk memperbaiki semua yang masih kurang atau tidak baik di tahun sebelumnya. Padahal kita tidak perlu menunggu tahun baru, kita hanya perlu mengubah mindset kita.

Misalnya kita akan cenderung mulai memperhatikan kesehatan kita jika kita sudah jatuh sakit atau saat ingin diet, padahal jika kita ingin sehat dan tubuh yang ideal maka kita harus hidup sehat. Jadi ubahlah mindset anda tentang kesehatan karena tubuh kita itu cuma satu, jadi rawatlah dengan baik, dimulai dari hal kecil seperti olahraga teratur dan makan-makanan sehat. Makan-makanan yang lebih sehat, kurangi makanan terlalu manis.

  • Makan-makanan yang lebih sehat, kurangi makanan terlalu manis

Makanan adalah sumber energi kita, kita akan lemas tak berdaya jika tidak makan. Namun jika kita makan-makanan yang tidak sehat berbagai penyakit akan mulai menghantui kita di masa depan. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi kepada kita jadi mulailah mengkonsumsi makanan sehat, bergizi dan berserat yang dibutuhkan oleh tubuh secara tepat waktu dengan porsi yang seimbang, biasakanlah sarapan di pagi hari. Hindari atau kurangi makanan yang kurang baik seperti makanan junk food, makanan yang terlalu manis, jeroan, gorengan, bersoda serta bersantan. Akan lebih baik jika kita memasak makanan yang akan kita dan keluarga kita makan sehingga terjamin kebersihan dan kandungan nutrisinya.

  • Perbanyak minum air putih

Cukupi kebutuhan air dalam tubuh kita dengan minum air putih minimal 8 gelas/hari atau 1,5 liter/hari agar tidak terjadi dehidrasi, biaskan  membawa botol air minum agar tidak lupa minum dimanapun.

  • Olahraga teratur, kurangi mager

Pilih olahraga yang kamu sukai bisa lari, bermain sepak bola, bermain basket, tennis, badminton, senam, gym, atau mungkin yoga. Kemudian lakukanlah secara teratur, selain bagus buat tubuhmu juga dapat sebagai refreshing.

Untuk yang suka mager atau rebahan dan malas berolahraga mulailah secara perlahan karena ketika tubuh tidak pernah berolahraga atau beraktivitas, tubuh akan cenderung lebih mudah sakit jadi kurangi mager.

  • Atasi stress dengan baik, bila perlu batasi paparan sosial media

Manajemen stress yang baik dapat membuat kita jauh dari depresi dan sehat secara mental. Hal ini bisa dilakukan dengan hidup ada apanya, menjadi diri sendri, gaya hidup sehat, olahraga teratur, meluangkan waktu untuk bersantai, tidur yang cukup, bersosialisasi dengan teman dan bila perlu batasi paparan sosial media.

Karena media sosial dapat menyebabkan kecemasan berlebihan dan membuat kita terobesesi tentang orang lain lakukan sehingga membuat diri sendiri buruk karena tidak memiliki kehidupan seperti orang tersebut, dan ini akan membuat diri kita depresi.

  • Tidur cukup

Kita bukan robot yang bisa bekerja atau beraktivitas selama 24 jam penuh, tubuh perlu tidur yang cukup untuk memulihkan tenaga. Waktu tidur yang baik untuk orang dewasa adalah 7-8 jam, hindari kebiasaan begadang karena dapat mengundang berbagai penyakit.

  • Lakukan cek kesehatan secara rutin

Tidak perlu menunggu sakit dulu baru melakukan pemeriksaan kesehatan. Medical check up idelanya memang dilakukan setahun sekali untuk melihat kondisi tubuh dalam keadaan baik atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.