Tahukah Kamu Jika Kopi Dapat Membantu Turunkan Berat Badan ?

Tren minum kopi belakangan ini semakin marak, kafein yang terkandung dalam kopi rupanya bisa membawa candu bagi peminumnya. Jauh sebelum marak coffe shop sejak jaman dulu, kopi memang menjadi minuman yang disajikan dalam segala acara, sepeti menjamu tamu, di seduh harian untuk menyambut pagi atau teman bersantai di penghujung hari. Saat ini pergeseran minum kopi, mulai dari seduhan di rumah menjadi gaya hidup. Hal ini dipengaruhi oleh pengaruh dari luar negeri dengan adanya coffe shop dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, sehingga membuat orang – orang di Indonesia bermunculan modern coffe shop dulunya penjual kopi di Indonesia hanya berupa warung sederhana.

Saat ini orang Indonesia sudah banyak yang membuka modern coffe shop sendiri, kegiatan minum kopi menjadi lebih berkelas karena banyak yang mempelajari ilmu tentang perkopian sehingga cara menyajikan kopi dengan lebih menarik dan cara penyajiannya pun bermacam – macam seperti melalui manual brewing, menggunakan mesin espresso, dan lain – lain bahkan bahkan banyak juga kompetisi tentang perkopian seperti kompetisi barista, coffe roaster, Profesional cupper, dan – lain – lain.

BACA JUGA :

Dibalik tren kopi yang sudah menjadi gaya hidup, tahukah kamu jika kopi diminati karena memiliki aroma dan rasa yang khas selain itu kopi juga dipercaya dapat menekan nafsu makan berlebih dan bagus untuk diterapkan di program diet. Namun nyatanya tidak semua minuman kopi memberikan efek penurunan berat badan, lalu kopi seperti apa yang bisa membantu menurunkan berat badan ? Simak ulasan berikut ini :

1. Ketahui Kandungan Kopi yang Akan di Minum

  • Kopi untuk bisa dikonsumsi seperti minuman yang anda tahu, terlebih dahulu harus sudah memasuki proses roasting/ dipanggang untuk mengeluarkan aroma dan rasa khas kopi. Biji kopi yang sudah di roasting mengandung 43% karbohidrat, 10% protein, 1% kafein, 0.04% asam nicotenic acid, 15 % lipid, 5% mineral, dan 4% ester.
  • Dari kandungan senyawa aktif tersebut kopi menstimulasi fungsi lemak coklat tubuh untuk membakar kalori (gula dan lemak) dan menghasilkan panas tubuh/ energi sehingga membantu menurunkan berat badan.

2. Pilihlah sajian kopi murni tanpa gula, susu, atau krim.

Menurut database Nutrisi Nasional USDA (2017) kopi yang disajikan murni tanpa tambahan lain mengandung sekitar 2kkal per 100 ml. Apabila minuman kopi ditambah dengan gula, susu, atau krim, justru akan menambah asupan kalori dan gula dalam tubuh.

3. Konsumsi kopi sebelum olahraga

Kafein pada kopi memberikan suntikan energi sekitar 10% dalam waktu cepat. Dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga dapat membantu memberikan energi lebih dan membantu membakar kalori dalam tubuh. Karena efek tersebut maka ada pembatasan konsumsi hingga 400mg kafein per hari setara dengan 2-3 cangkir kopi dalam 150ml per hari. Apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan jantung berdebar, kecemasan, dan gangguan tidur.

Kopi sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu program diet oleh ahli nutrisi. Namun pengertian yang salah diterjemahkan sebagai semua minuman kopi memberikan efek kesehatan yang sama. Nyatanya jika minuman kopi diberi tambahan gula, susu, atau krim maka dapat meningkatkan nilai kalori minuman tersebut dan akan menggagalkan program diet anda. Pelajari lebih jauh tentang kandungan kopi yang dapat membantu menurunkan berat badan dan jangan sampai salah meramu kopinya supaya program diet anda tidak gagal.

Sumber : Philippe Lashermes. 2018. Achieving Sustainable Cultivation of Coffee. UK: Burleigh Doods Series in Agricultural Science.

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.