Tanda – Tanda Awal Kehamilan yang Perlu Diketahui

Haiwanita,

Kehamilan adalah saat yang menggembirakan bagi pasangan suami-istri, terlebih pada pasangan suami-istri yang baru menikah. Namun banyak pasangan muda yang terkadang tidak mengerti tanda-tanda kehamilan dan melewatkan masa awal kehamilan. Padahal tanda-tanda kehamilan penting diketahui sejak awal kehamilan agar dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi mulai dari asupan gizinya, aktivitas hingga mengendalikan strees ibu. Lantas apa saja sih tanda-tanda kehamilan yang perlu diketahui wanita muda atau pasangan suami-istri, yuk simak penjelasan kami lebih lanjut.

Kehamilan adalah proses bertemunya sel telur dan sel sperma, yang kemudian hasil tersebut bernidasi atau menempel di dalam rahim selama beberapa waktu hingga bayi siap dilahirkan. Masa kehamilan normalnya adalah 40 minggu sejak hari haid pertama haid terakhir (HPHT).  Kehamilan baru terjadi pada akhir minggu ke2 atau ke-3 tergantung dari masa subur atau ovulasi.  Adapun beberapa yang tanda yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan awal kehamilan adalah sebagai berikut:

  • Amenorea atau tidak haid setelah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis. Contohnya bulan ini tidak mendapatkan haid, setelah melakukan hubungan seksual pada saat masa subur atau ovulasi.  Biasanya wanita akan langsung melakukan testpack dan jika didapatkan garis dua atau positif, maka wanita tersebut dikatakan hamil. Dengan mengetahui hari pertama haid terakhir (HPHT) maka dapat ditaksir umur kehamilan dan tafsiran tanggal persalinannya.
  • Mual-muntah atau morning sickness, meski pada beberapa wanita ada juga yang tidak mengalami hal tersebut. Namun kecenderungan wanita akan mengalami hal ini pada 1-3 bulan awal kehamilan karena terjadinya perubahan hormon diawal kehamilan, khususnya hormon HCG.
  • Perubahan nafsu makan yang terjadi karena perubahan hormon selama awal kehamilan
  • Payudara tegang dan membesar, hal ini terjadi karena tubuh mempersiapkan payudara untuk saat menyusui nanti. Keadaan ini terjadi karena pengaruh hormone estrogen dan progesterone yang bekerja merangsang duktus/saluran dan alveoli payudara.
  • Pembesaran perut, biasanya mulai teraba dari luar dan mulai pembesaran setelah 12-14 minggu  kehamilan.

Adapun gejala lain yang sering muncul pada awal kehamilan seperti sensitive terhadap bau, hingga keinginan mengkonsumsi makanan tertentu. Namun wanita dipastikan benar-benar hamil setelah adanya kantung kehamilan di hasil USG pada awal kehamilan, adanya gerakan janin dan terdengarnya denyut jantung janin.  

Itu tadi adalah tanda- tanda yang terjadi pada awal kehamilan, kira-kira apakah tanda tersebut ada yang terjadi pada kalian?.

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.