Dampak positive dan negatif penggunaaan gadget telah d jelaskan dalam artikel sebelumnya, sudah jelaskan bahwa zaman modern ini tidak bisa dilihat dari satu sudut pandang saja, sehingga sebagai orangtua dituntut untuk lebih bijak dalam mengatur penggunaan gadget pada anak, berikut adalah tips dan trik yang orangtua lakukan dirumah

1. Aturlah waktu anak dalam menggunakan gadgets

 Ajarkan anak untuk berkomitmen, mengatur jawal khusus anak yang diperbolehkan untuk bermain gadget, jika belum waktunya maka tanamkan disiplin Untuk anak dengan perjanjian yang telah disepakati.

Menurut Sundus (2018) Anak kecil dapat bermain dengan gadgets kurang lebih 1-2 jam per hari.

BACA JUGA :

2. Beri waktu luang orangtua untuk bermain bersama anak

Ajaklah anak bermain dengan mencoba permainan yang edukatif seperti menggambar, membaca buku, bermain peran, bermain ular tangga, petak umpat, membuat eksperimen yang dapat mengasah cara berfikir seperti membuat bunga warna warni, perahu mengapung di atas permukaan air, membuat gelembung dan lainnya. Bangunlah komunikasi yang hangat antara anak, orangtua, tetangga, untuk mengasah kemampuan bersosial anak.

3. Aturlah jadwal Tidur Anak

Aktivitas tidur memiliki banyak manfaat untuk anak yakni untuk recovery kesehatan mata dan Meningkatkan efisiensi kemampuan otak,  Kesehatan fisik, suasana hati, kesehatan mental, hingga perkembangan kognitif. Kurangnya duraai tidur pada anak dapat menyebabkan anak lebih menunjukkan prilaku impulsif, marah-marah dan tantrum( ledakan emosi atau rasa frustasi yang disertai dengan ketakutan dan kecemasan)

Menurut Sundus M (2018) dianjurkan anak dapat beristirhat selama 10 jam per hari. Durasi dan jadwal tidur perlu diterapkan oleh orangtua kepada anak.

Pada malam hari dianjurkan anaj tidur dibawah jam 9 malam kareba untuk mengoptimalkan kerja hormon pertumbuhan atau growth hormone yang mulai aktif oada jam 10-11 malam.

4. Berilah contoh teladan

Anak adalah peniru yang ulung, ketika kita sibuk menggunakan handphone disaat sedang mengerjakan pekerjaan rumah atau disaat kumpul bersama keluarga, anak akan merasakan kesepian sehingga anak pun akan meniru yang dilakukan ibu/ayah yang asyik dengan dunianya.

Jika kita menerapkan disiplin pada anak dalam penggunaan gadget namun kita sendiri terkadabg tidak terkontrol dalam penggunaannya akan membuat anak enggan menuruti aturan yang diberlakukan oleh orangtua, sehingga sebelum kita menerapkan tiga tips di atas maka berusahalah memberikan contoh terbaik bagi anak.

Bagaimna tips dan trik nya singkat kan? Ya memang singkat, namun pada pelaksanaannya tidak sesingkat membacanya, so, Di harapkan orangtua bisa beraabar, pantang menyerah dan tidak putus asa dalam mengaplikaskannya dirumah.

Sumber: Sundus M. The Impact of using gadget on Children. Journal Depress Anxiety 7:206. Lahore Gorisson University: Lahore.

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?