ASI Esklsusif adalah ASI yang diberikan pada bayi baru lahir selama 6 bulan tanpa diberi makanan tambahan lainnya

ASI merupakan makanan bayi yang paling sempurna, baik, dan dibutuhkan oleh bayi. ASI Esklsusif adalah ASI yang diberikan pada bayi baru lahir selama 6 bulan tanpa diberi makanan tambahan lainnya.  Banyak manfaat yang diberikan dengan memberi ASI tidak hanya pada bayi tetapi juga pada ibu. Dari berbagai penelitian ditemukan bahwa tidak ada susu formula yang dapat melebihi kandungan ASI. Adapun keuntungan yang diperoleh bayi dengan mendapatkan ASI yaitu mudah dicerna karena mengandung enzim pencernaan, mencegah terjadinya penyakit pada bayi karena mengandung immunoglobulin untuk kekebalan tubuh bayi. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh pada ASI baik untuk pentumbuhan dan perkembangan otak. Sedangkan untu ibu yang mau menyusui ada beberapa keutungan yang diperoleh diantaranya dapat mencegah pendarahan setelah persalinan, mengecilkan rahim,membantu menurunkan berat badan akibat dari kehamilan, sebagai kontrasepsi alami, hingga mencegah terjadinya kanker ovarium dan payudara.

BACA JUGA :

Dari segi psikologis, kegiatan dari menyusui ini dapat mencitpakan ikatan atau bonding antara ibu dan anak.  Memberi ASI pada ibu yang tidak bekerja akan menjadi pilihan yang sangat mudah dan praktis namun untuk ibu bekerja memberikan ASI ekslusif terdengar merepotkan. Sehingga tidak jarang ibu yang bekerja lebih memilih memberikan susu formula kepada buah hatinya. Padahal tidak ada susu formula yang dapat melebih kandungan yang diberikan ASI.  Hal in menjadi dilema, nah untuk kali ini kita akan membahas tips yang dapat dilakukan agar dapat memberikan ASI ekslusif pada buah hati namun masih tetap bisa bekerja. Yuk disimak.

  • Ibu harus membuat komitmen yang kuat dengan diri sendiri dan yang mengasuh bayi selama ibu bekerja nanti agar hanya memberikan ASI saja selama 6 bulan, karena memberi ASI ekslusif pada ibu bekerja diperlukan ketelatenan dan melawan rasa capek, moody dan malas. Serta memerlukan ketelatenan dari pengasuh bayi nantinya mulai dari menyiapkan ASI sehingga di minum bayi hingga menggunakan pipet cangkit atau sendok dalam memberikan ASI.
  • Jika di tempat kerja terdapat sarana penitipan bayi dan pojok laktasi dan dimungkinkan bayi ikut bekerja maka bayi dapat diajak. Namun jika tidak bisa membawa bayi ke tempat kerja maka ibu harus memerah ASI untuk bayi kemudian pengasuh/keluarga yang menjaga bayi memberikan melalui cangkir sendok atau pipet yang dilatih 1 minggu sebelum ibu mulai bekerja jangan menggunakan dot karena akan membuat bayi bingung putting sehingga tidak mau dan tidak bisa menyusu kepada ibu lagi.
  • Ibu yang bekerja harus mulai belajar memerah ASI segera setelah lahir entah dengan manual atau dengan pompa ASI.  Sebelum pergi bekerja ibu harus memastikan ASI yang diperah cukup sehingga sediakan waktu yang cukup dan suasana yang tenang agar ibu dapat dengan santai mengeluarkan ASI, ingat strees dapat menurunkan produksi ASI, bunda. Meskipun jumlah ASI yang dikeluarkan sedikit jangan sedih itu tetap berguna. ASI yang sudah diperah dimasukan ke dalam botol kaca atau plastik kemudian letakkan di tempat yang paling sejuk dirumah, di lemari es, atau ditempat yang aman, agak gelap dan bersih. Setelah ASI diperah bayi tetap disusui untuk mendapatkan ASI akhir (hindmilk), karena pengisapan oleh bayi akan memicu pengeluaran ASI.
  • Saat bekerja, ibu dapat memerah ASI 2-3 kali atau setiap 3 jam. Hal ini dakan membuat ibu nayaman serta mengurangi ASI menentes. Simpan ASI di botol atau plastik kemudian masukkan di termos dan baa pulang saat ibu pulang. Kemudian dilanjutkan pada malam hari atau pagi sebelum bekerja.  
  •  Adapun cara penyimpangan ASI sebagai berikut:
    • Di dalam ruangan (27-32 °C) kolostrum dapat disimpan selama 12 jam
    • Di dalam ruangan (19-25 °C) ASI dapat tahan selama 4-8 jam
    • Di dalam lemari es ( 0-4 °C) ASI akan tahan selama 1-2 hari
    • Di dalam lemari pembeku (freezer) dengan 1 pintu ASI tahan selama 2 bulan
    • Di dalam freezer di lemari dengan 2 pintu, ASI  tahan selama 3-4 bulan.
    • Tempat menyimpan ASI sebaiknya dari plastik polietylen, atau gelas kaca.

Jadi sudah tidak ada alasan lagi bunda, ibu bekerja tidak bisa memberikan ASI Ekslusif kepada sang buah hati. Karena tidak ada susu formula yang dapat mengalahkan kandungan dari ASI. Semoga bermanfaat bunda infomasinya.

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?