TIPS UNTUK IBU YANG AKTIF MENYUSUI

Banyak ibu memilih menyusui karena memiliki manfaat kesehatan  yang sangat besar untuk ibu dan bayi, meliputi:

Untuk bayi : memiliki manfaat peningkatan kecerdasan, meningkatkan kekebalan, mengurangi risiko alergi, obesitas, diabetes, penyakit usus pada anak ketika dewasa nanti.

Dengan tanggung jawab yang begitu besar yang diemban ibu, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan ibu selama masa menyusui untuk melancarkan ASI:

  • Ibu menyusui tetap wajib menghidrasi dirinya dengan minum air putih 2-3 liter setiap harinya.
  • Konsumsi protein harus ditingkatkan 11gram per hari, misalnya 100gram tahu/tempe dalam 6 bulan pertama.
  • Pastikan ibu memenuhi kebutuhan harian vitamin seperti B6, B12, Vitamin A, vitamin D baik dalam suplemen atau makanan sehari-hari.
  • Jika ibu memiliki pola makan vegan, sebaiknya perhatikan dan penuhi kebutuhan vitamin B12, vitamin D, dan kalsium.
  • Setelah melahirkan ibu diperbolehkan melakukan olahraga ringan dan aman untuk melatih kekuatan dan kebugaran.
  • Sebaiknya hindari makanan terlalu pedas yang dikonsumsi ibu karena dapat merubah rasa ASI. Hal tersebut membuat bayi enggan menyusui untuk sementara waktu.

Pada ibu yang aktif menyusui dapat membakar kalori harian sebesar 500kkal/hari. bagi ibu yang ingin mengembalikan berat badan pasca hamil dan melahirkan sebaiknya dilakukan dengan aktif menyusui ditambah latihan ringan. Pembatasan kalori yang berlebihan justru dapat mengurangi produksi ASI. Tidak disarankan ibu menyusui mengonsumsi kalori harian kurang dari 1800kkal/hari.

Topik menyusui sangat luas kami harap tips singkat ini dapat membantu anda.

error: Content is protected !!
Tanya Bidan
Hai Wanita, Yuk tanya ke Bidan Kami
Hai Moms, Sudahkah mengikuti instagram kami di @haiwanitacom dan sering membaca artikel kesehatan di www.haiwanita.com ? Jika ada yang ingin ditanyakan klik tanya bidan yaa tidak usah sungkan mumpung sekarang fitur ini masih GRATIS.