Trend baby spa menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan bayi

Baby spa dapat memberi stimulasi dini pada tahun pertama kehidupan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Hai wanita, tahukah kalian ternyata baby spa memiliki banyak manfaat lho. Apa saja manfaat baby spa bagi bayi ?

Pada tahun pertama kehidupan bayi membutuhkan penyesuaian diri dengan lingkungan barunya. Bayi membutuhkan stimulasi dari luar agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia. Stimulasi dini dapat membantu meningkatkan kemampuan bayi pada motorik kasar, bahasa, motorik halus, dan personal sosial (Tes Perkembangan Bayi sesuai Usia-  Denver II). Bayi yang kurang mendapat stimulasi menambah faktor penyebab keterlambatan di beberapa aspek pertumbuhan dan perkembangannya. Stimulasi dari luar dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan baby spa. Layanan baby spa kini mudah sekali diakses publik serta ditangani oleh ahli terlatih dibidangnya.

Baby spa adalah perawatan tubuh bayi dengan pemanfaatan media air dengan cara bermain atau berenang untuk menstimulasi gerakan motorik agar berkembang lebih baik. Manfaat dari perawatan baby spa adalah untuk melatih otot-otot dan persendian sehingga tumbuh optimal, tubuh lebih fleksibel, serta peningkatan pertumbuhan berat badan dan panjang badan bayi. Berenang dalam air akan membuat semua bagian tubuh bayi dilatih dan kontrol otot-otot bayi akan meningkat.

Selama 15 menit, bayi akan kontak dengan air hangat disertai pelampung untuk keamanan. Disitulah bayi akan mengeluarkan energi pada saat berenang. Setelah selesai, terapis akan menambahkan massage baby (pijatan khusus bayi) dalam perawatan baby spa untuk memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga meningkatkan pola dan kualitas tidur bayi. Bayi akan terlihat segar, sehat, bersemangat dan terlihat pertumbuhan serta perkembangannya lebih cepat. Baby spa juga memberikan peningkatan nafsu makan bayi.

Penelitian yang dilakukan oleh Sudiro & Mulyati (2018) di Asian Journal of Applied Sciences menyarankan manfaat melakukan baby spa untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat dirasakan apabila melakukan perawatan secara rutin 1x dalam seminggu sejak usia 3—12 bulan. Pertumbuhan dan perkembangan bayi akan lebih aktif, sehat, dan tumbuh secara optimal. 

BACA JUGA :

Selain stimulasi dari luar, nutrisi yang baik diperlukan untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi lebih optimal. Nutrisi yang baik untuk usia kurang dari 6 bulan adalah ASI eksklusif dan untuk bayi usia diatas 6 bulan harus diberikan makanan tambahan (MP-ASI). Selalu periksakan bayi anda ke posyandu atau ke fasiltias kesehatan lainnya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi anda.

Memberikan perawatan baby spa dapat dilakukan sebagai kombinasi latihan untuk menstimulasi perkembangan motorik bayi. Bunda juga akan diberikan pendidikan kesehatan tentang bagiamana merangsang pertumbuhan dan perkembangan bayi sehingga bisa tumbuh lebih optimal.

Sumber: Karningsih S. & Sri Mulyati. 2018. Baby Spa Effect on Growth. Asian Journal of Applied Sciences 6(5): 390—395.

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya Bidan ?